get app
inews
Aa Read Next : KH Aa Maulana Doakan Bakal Calon Bupati Didik Agus T untuk Benahi KBB

Elemen Masyarakat Minta Elit Parpol Perhatikan Aspirasi Arus Bawah untuk  Balon Kepala Daerah

Senin, 12 Agustus 2024 | 09:37 WIB
header img
Elemen masyarakat di KBB yang terdiri dari beberapa lembaga meminta Parpol objektif dan tidak salah pilih dalam memberikan rekomendasi kepada figur yang akan dimajukan di Pilkada dan diharapkan bisa memprioritaskan putra daerah. Foto/Inews Bandung Raya

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Partai politik di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak lama lagi akan menetapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan maju di Pilkada KBB 2024.

Sejumlah nama figur pun sudah bermunculan dari mulai kalangan artis, pengusaha, mantan birokrat, hingga politisi asli pituin warga KBB ataupun pendatang dari luar. 

Menyikapi hal tersebut sejumlah elemen masyarakat di KBB berharap Pilkada KBB 2024 bisa menghasilkan pemimpin yang bisa memajukan KBB dan menyejahterakan masyarakatnya.

Oleh karenanya, partai politik (Parpol) sebagai perahu yang bisa menghantarkan figur menjadi kepala daerah diminta agar tidak asal-asalan dalam memberikan rekomendasi.

Selain menimbang unsur popularitas dan elektabilitas, Parpol juga harus melihat dari integritas figur yang bersangkutan. Apalagi dua bupati dan satu Pj bupati KBB sudah terjerat masalah hukum yang membuat kepercayaan masyarakat luntur terhadap pemerintah daerah.

Disitulah pentingnya memperhatikan aspirasi arus bawah di masyarakat sebelum Parpol menentukan figur kepala daerah.

Ketua Keluarga Besar FKPPI PC 10.28 KBB, Gaston Barus mengatakan, KBB memiliki figur-figur yang mumpuni untuk menjadi kepala daerah. Oleh karenanya Parpol harus objektif dalam mendorong calon pemimpin di KBB dengan mendengarkan suara masyarakat.

Sebab nanti mereka yang akan merasakan baik dan tidaknya pemimpin yang terpilih dari hajat Pilkada.

"Kami ingin supaya teman-teman yang berada di partai-partai koalisi yang ada di KBB bisa mempertimbangkan, dan memperjuangkan aspirasi masyarakat secara objektif dalam memilih calon bupati dan wakil bupati," kata Gaston saat ditemui di Mason Pine Hotel, Kota Baru, Minggu (11/8/2024) malam.

Gaston menyebutkan, dari sejumlah nama-nama calon kepala daerah di KBB yang beredar di ruang publik ada di antaranya yang dipandang layak jadi bupati atau wakil bupati. Salah satunya adalah dewan penasehat KB FKPPI KBB Dansah Widansah.

Sebagai putra daerah asal Kecamatan Cihampelas, KBB, dia dipandang memiliki wawasan dan konseptor yang mumpuni.

"Saya berharap secara objektif kepada para Parpol agar bisa mendorong Dansah Widansah sebagai calon bupati atau wakil bupati. Sebab dia memiliki latar belakang pengusaha yang bisa menarik investasi untuk kemajuan KBB," sambungnya.

Hal yang sama diutarakan oleh Sekretaris Jarnas (Jaringan Nasional) Beraksi Korda KBB, Itang Erawan. Pihaknya sudah bulatkan tekad untuk mendukung Dansah Widansah bertarung di Pilkada KBB. Ia mengaku bahwa organisasi yang terdiri dari 20 orang di setiap desa sudah satu suara dalam mendukung Dansah.

”Setelah rapat pleno Jarnas Beraksi Korda KBB, kami siap mendukung Dansah Widansah sebagai Bupati KBB dan semua disepakati di tingkat Korcam dan Kordes,” sebutnya.

Sementara itu Koordinator Pejuang Milenial Prabowo Muhamad Rifal Ananda mengatakan, bahwa KBB saat ini memerlukan figur yang bisa bekerja dan bukan mereka yang memiliki polularitas tinggi baik dari politisi maupun kalangan artis.

Ada tiga hal penting yang harus menjadi fokus saat memilih kepala daerah di KBB. Pertama harus memilih pemimpin yang berasal dari Bandung Barat, kedua harus memilih pemimpin yang paham soal isu-isu yang ada di KBB.

Serta yang ketiga, pihaknya merekomendasikan kawan-kawan yang ada di KBB untuk memilih Dansah Widansah sebagai calon bupati atau calon wakil bupati periode 2024-2029.

Menurutnya, saat ini di KBB banyak sekali politisi yang tidak paham dengan kondisi KBB karena mereka bukan putra daerah. Terlebih dari kalangan artis yang menurutnya masih dipertanyakan kapasitas dan kemampuannya dalam mengelola pemerintahan.

”Saat ini politisi yang ada di KBB banyak yang tidak paham saol isu lokal. Sementara para artis yang didatangkan untuk berkontestasi dalam Pilkada pun apakah memiliki kapasitas yang cukup dalam memimpin kabupaten yang luas ini?" tanyanya.

Sedangkan Ketua Forum UMKM Kec Sindangkerta, Yani Suryani menyebutkan, Dansah Widansah memiliki kapasitas yang baik dalam mengembangkan ekonomi di KBB. Sebab dikenal sebagai pengusaha yang sukses dan dekat dengan UMKM. Dirinya yakin jika Dansah menjadi Bupati, maka perekonomian KBB akan lebih maju.

”Beliau kan seorang pengusaha yang bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan para UMKM karena pengalaman dan kesuksesannya,” ucap Yani. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut