get app
inews
Aa Read Next : Disebut Tulang Punggung Timnas, Maarten Paes Keturunan Asli Belanda Bisa Bela Indonesia

Perkuat Hubungan Dagang, 2024 Thailand Halal Product Business Matching Digelar di Indonesia

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 18:00 WIB
header img
Mrs. Hataichanok Sivara, Director of the Thai Trade Center Jakarta. Foto: Istimewa.

Proses penyembelihan hewan juga harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam Islam, yakni dengan menyebut nama Allah saat penyembelihan.

Selain itu, makanan halal tidak boleh berasal dari hewan yang dilarang, seperti babi, hewan pemakan daging, atau burung pemangsa. Produk tersebut juga harus diproses, diproduksi, atau disimpan menggunakan peralatan atau mesin yang telah dibersihkan sesuai dengan hukum Islam. Prinsip kebersihan ini memastikan bahwa tidak ada kontaminasi dari bahan-bahan yang diharamkan.

Pasar Produk Halal

Pasar halal telah berkembang melampaui produk makanan dan minuman, mencakup berbagai industri seperti kosmetik, farmasi, dan layanan seperti perbankan dan logistik. Permintaan global terhadap produk halal terus meningkat, seiring dengan kesadaran konsumen Muslim akan pentingnya memilih produk yang sesuai dengan syariat Islam.

Pertumbuhan industri halal tidak terbatas pada Timur Tengah, melainkan berkembang pesat di Asia dan berbagai kawasan lain. Misalnya, China berusaha memperluas industri halal domestiknya melalui inisiatif 'One Belt One Road' yang memperkuat perdagangan dengan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OIC).

Di banyak negara, komunitas Muslim membutuhkan produk halal yang terpercaya, sehingga sertifikasi halal yang dikenal luas menjadi aset berharga bagi bisnis yang ingin memenuhi kebutuhan ini.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut