get app
inews
Aa Read Next : Disebut Tulang Punggung Timnas, Maarten Paes Keturunan Asli Belanda Bisa Bela Indonesia

Perkuat Hubungan Dagang, 2024 Thailand Halal Product Business Matching Digelar di Indonesia

Jum'at, 16 Agustus 2024 | 18:00 WIB
header img
Mrs. Hataichanok Sivara, Director of the Thai Trade Center Jakarta. Foto: Istimewa.

Selain itu, pertumbuhan populasi Muslim global menjadi pendorong utama permintaan produk halal. Negara-negara seperti Indonesia, dengan populasi Muslim terbesar di dunia, mendorong penguatan regulasi sertifikasi halal untuk mendukung industri domestik.

Tidak hanya negara mayoritas Muslim, negara-negara non-Muslim seperti Jepang juga mulai memperhatikan kebutuhan akan produk halal, yang menunjukkan bahwa industri halal semakin menjadi bagian integral dari ekonomi global.

Masa Depan Industri Halal

Masa depan industri halal sangat cerah dengan nilai pasar global yang diperkirakan mencapai USD 2,3 triliun. Tumbuh pada tingkat tahunan sekitar 20%, industri ini menghasilkan sekitar USD 560 miliar per tahun.

Pertumbuhan ini tidak hanya dipicu oleh peningkatan jumlah konsumen Muslim yang semakin kaya, tetapi juga oleh semakin meluasnya penawaran gaya hidup halal, termasuk layanan perjalanan, perhotelan, fesyen, dan kosmetik halal.

Menariknya, produk halal kini juga diminati oleh konsumen non-Muslim. Alasan utamanya adalah faktor kesehatan, keamanan makanan, dan cita rasa yang tinggi. Kesadaran terhadap gaya hidup sehat dan praktik etis dalam produksi makanan turut mendorong peningkatan permintaan akan produk halal di seluruh dunia.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut