get app
inews
Aa Read Next : TB Hasanuddin Tekankan Pentingnya Teknologi dalam Praktik Intelijen

Pengabdian ke Masyarakat, CSWM UI Luncurkan Program Capacity Building

Sabtu, 21 September 2024 | 17:15 WIB
header img
CSWM UI Luncurkan Program Capacity Building. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id – Center for Sustainability and Waste Management Universitas Indonesia (CSWM UI) meluncurkan program Capacity Building bertajuk 'Memajukan Ekonomi Sirkular dengan Teknologi Komunal untuk Solusi Sampah Maksimal'.

Program yang diketuai oleh Prof. Mochamad Chalid ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Sawangan dalam pengelolaan sampah plastik melalui pendekatan berbasis ekonomi sirkular.

Diketahui, CSMW UI ini adalah unit penelitian dan pengembangan yang berkomitmen untuk mempromosikan praktik berkelanjutan dan mengatasi tantangan manajemen sampah.

CSWM UI terus berinovasi dalam pengelolaan sampah dengan mengedepankan prinsip ekonomi sirkular serta intervensi sosial yang mendalam.

Prof. Mochamad Chalid mengatakan, program ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan mendorong perubahan perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap masalah sampah di lingkungan mereka.

Salah satu fokus utama dari kegiatan ini adalah capacity building yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengelola sampah, baik melalui pemilahan yang efektif maupun penerapan teknologi daur ulang.

“Program ini tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat agar lebih sadar akan dampak sampah dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam mengelola sampah secara mandiri,” ucap Chalid dalam keterangannya, Sabtu (21/9/2024).

Selain sesi edukasi, kata Chalid, program ini juga mencakup forum diskusi interaktif melalui metode pemetaan partisipatif dengan masyarakat.

Sesi ini dirancang untuk membantu peserta mengidentifikasi permasalahan, kebutuhan, dan potensi yang ada di masyarakat terkait dengan pengelolaan sampah.

Dengan melibatkan masyarakat dalam diskusi ini, program bertujuan untuk menemukan solusi yang relevan dan tepat guna sesuai dengan kondisi lokal.

"Pemetaan partisipatif ini memungkinkan masyarakat untuk secara langsung mengungkapkan tantangan yang mereka hadapi, serta bersama-sama merumuskan solusi yang aplikatif," jelasnya.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini yakni pakar dalam ekonomi sirkular, Adream Bais Junior yang akan membahas potensi penggunaan teknologi komunal untuk memaksimalkan pengelolaan sampah plastik.

Program ini juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam hal konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut