get app
inews
Aa Read Next : Simak Tips Berwisata di Turki, Ciptakan Pengalaman Perjalanan Tak Terlupakan

Pesona Assos, Permata Aegean di Kaki Gunung Ida Utara Turki 

Kamis, 26 September 2024 | 14:50 WIB
header img
Pemandangan indah Sivrice, Assos, Aegean. (FOTO: ISTIMEWA)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Assos, yang menghadap ke perairan biru tua di bawah bayang-bayang pohon zaitun kuno kaki Gunung Ida adalah permata Aegean di utara Turki. Kawasan mempesona itu menjadi tuan rumah bagi banyak peradaban selama berabad-abad di distrik Ayvacik modern di Çanakkale. 

Assos adalah salah satu tempat liburan terindah di Aegean dengan alam asri, udara segar dan harta karun kuno. Assos menawarkan banyak teluk dan pantai. Wisatawan dapat menyelam di perairan biru tak berujung. 

Teluk-teluk indah, seperti Kadirga dan Sivrice, pantai-pantai alami Sokakagzi, serta banyak tempat indah lain, termasuk Pelabuhan Kuno. Di sisi lain. terdapat Teluk Kadirga yang menonjol dengan garis pantai luas dan panjang serta status Bendera Biru.

Meskipun garis pantai di Assos sebagian besar terdiri atas bebatuan besar, orang-orang biasanya melompat ke laut melalui dermaga kayu. Perlu diketahui, laut di Assos memanas sedikit lebih lambat karena lokasi geografis, dan airnya lebih dingin dibandingkan dengan Mediterania. 

Fitur lain dari Assos adalah pilihan akomodasi beragam. Anda dapat memilih mulai dari tempat berkemah yang dapat dijadikan untuk perjalanan sehari, penginapan kecil, hotel mewah yang nyaman, hingga hotel butik.

Kota Kuno Assos nan Megah 

Yang membuat garis pantai Assos begitu memikat adalah Kota Kuno Assos, terletak di atas bukit vulkanik tidak aktif. Kota Kuno Assos menawarkan pemandangan menakjubkan dari laut  Aegean di bawah kaki Anda. 

Sejarah kota ini berasal dari abad ke-6 Sebelum Masehi (SM). Kota kuno ini, yang hingga saat ini menarik perhatian dengan tembok-tembok megah yang masih bertahan dan struktur luar biasa yang ditemukan selama penggalian arkeologi, dimasukkan dalam daftar sementara Warisan Budaya Dunia UNESCO pada Mei 2017. 

Salah satu tokoh terkenal di kota ini adalah filsuf Aristoteles, yang mendirikan sekolah filsafat di sini. Kuil Athena adalah kuil yang menjadi salah satu harta karun yang wajib dikunjungi di kota kuno ini. Terletak di Acropolis Assos, Kuil Athena didedikasikan untuk Dewi Athena, yang dikenal sebagai pelindung kota. 

Selain memukau dengan tiang-tiang dan pemandangan laut yang menakjubkan, bangunan ini juga memiliki nilai arsitektural yang penting sebagai satu-satunya contoh Kuil Arkaik-Dorik di wilayah Anatolia. Mengunjungi kuil ini di titik tertinggi kota, terutama saat matahari terbenam, adalah pengalaman yang tak terlupakan. 

Setelah menikmati matahari terbenam, Anda bisa menjelajahi bagian lain dari kota ini, seperti, Agora, Gimnasium, dan teater terbuka.

Desa Behramkale
 
Desa Behramkale adalah sebuah pemukiman kecil di dalam tembok kota kuno. Berjalan melalui jalan-jalan sempit desa ini, Anda akan menemukan rumah-rumah bersejarah yang merupakan contoh luar biasa dari keahlian arsitektur batu. 

Selain itu, para wanita desa menjual suvenir dan produk makanan buatan di kios-kios atau toko kecil di sepanjang jalan. Di sini, wisatawan bisa menemukan banyak produk lokal dan alami, dari berbagai jenis rempah hingga minyak zaitun buatan sendiri, serta “tarhana”, yaitu, sejenis sup lezat dengan sayuran, yogurt asam, rempah-rempah aromatik, dan hasil kerajinan tangan renda.

Desa ini juga memiliki masjid dan jembatan dari era Ottoman. Masjid Hüdavendigar, yang dibangun pada abad ke-14 dengan denah persegi dan satu kubah, terkenal dengan motif geometris rumit di mihrabnya. Jembatan Hüdavendigar, yang melintasi Sungai Tuzla dekat Behramkale, mengesankan secara arsitektural dengan lengkungan-lengkungan yang dibuat dengan teliti. 

Anda bisa berjalan melintasi jembatan elegan berusia 600 tahun ini, yang ditutup untuk lalu lintas kendaraan. Assos juga layak dijelajahi karena desa-desa lokal yang indah di sekitarnya. Desa-desa bersejarah, menawan, dan penuh pesona seperti Yesilyurt dan Adatepe, yang hanya berjarak setengah jam dari Assos, harus ada dalam daftar kunjungan wajib Anda di wilayah ini. 

Saat mengunjungi Desa Adatepe, Anda bisa menjelajahi Museum Minyak Zaitun Adatepe. Sebagai museum minyak zaitun pertama di Türkiye, kompleks ini memungkinkan Anda mengamati semua tahapan produksi minyak zaitun.


Hüdavendigar di Assos, Canakkale, Aegean, Turki. (FOTO: ISTIMEWA)

Destinasi Gastronomi

Assos, yang terkenal dengan keindahan sejarah dan alamnya, juga merupakan destinasi gastronomi memukau, menawarkan berbagai rasa khas daerah. Di sini, Anda dapat menemukan semua cita rasa yang khas dari masakan Aegean, mulai dari bunga zucchini isi kacang laut. 

Di restoran dan kedai dekat pelabuhan, Anda bisa menikmati hidangan khas Assos, seperti salad gurita bakar, ikan todak tusuk,ikan kerapu bakar, sup ikan kalajengking, cumi bakar, dan cumi isi. Dengan perbukitan yang dipenuhi pohon zaitun, Assos juga menjadi salah satu perhentian populer Türkiye untuk minyak zaitun. 

Anda bisa menikmati meze yang terbuat dari sayuran, rempah-rempah, dan minyak zaitun serta membeli minyak zaitun yang berkualitas. Jangan lupa untuk menyegarkan diri dengan sirup murbei yang terkenal di wilayah ini saat berada di Assos.
 

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut