get app
inews
Aa Read Next : Begini Cara Pemkab Magetan Lawan Hoaks Politik Jelang Pilkada Serentak 2024

Jelang Pilkada, Pemkot Bandung Percepat Perekaman KTP-el Pemilih Pemula

Rabu, 02 Oktober 2024 | 17:27 WIB
header img
Pemkot Bandung terus berupaya mempercepat proses perekaman KTP elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula menjelang Pilkada Serentak 2024. (Foto:Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mempercepat proses perekaman KTP elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula menjelang Pilkada Serentak 2024

Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih dapat berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut. 

Pj Wali Kota Bandung, A. Koswara mengatakan, terdapat hampir 30.000 pemilih pemula di Kota Bandung dan 51 persen diantaranya telah melakukan perekaman KTP-el. Saat ini masih ada sekitar 8.820 pemilih pemula masih belum melakukan perekaman. 

"Perekaman KTP-el bagi pemilih pemula ini terus dikebut. Tim Disdukcapil, KPU, kecamatan, dan Dinas pendidikan semuanya terlibat. Kami optimis maksimal minggu depan, proses perekaman ini bisa selesai seluruhnya," ujar Koswara saat meninjau langsung pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) bagi pemilih pemula di SMA Negeri 6 Bandung, Rabu (2/10/2024).

Koswara menyebut, perekaman KTP-el bagi pemilih pemula untuk melengkapi data pemilih pada Pilkada Serentak 2024. Sehingga Pelajar atau remaja yang sudah genap berusia 17 tahun saat Pemilu 2024 nanti bisa ikut berpartisipasi dalam menyalurkan hak pilihnya.

Lebih lanjut, Koswara menekankan pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam demokrasi. Menurutnya, semua warga yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih wajib memberikan suaranya. 

"Satu suara itu berpengaruh dan tidak bisa diabaikan. Oleh karena itu, kami mendorong agar partisipasi pemilih di Kota Bandung semakin baik, yang tentunya akan mencerminkan kualitas demokrasi kita," jelasnya.

Koswara pun mengajak para pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik untuk memilih pemimpin Kota Bandung lima tahun ke depan.

"Ini pertama kalinya mereka terlibat dalam Pilkada. Keputusan memilih calon kepala daerah akan berdampak pada arah pembangunan Kota Bandung ke depannya. Kepala daerah memiliki peranan penting dalam menentukan kebijakan dan arah pembangunan," ungkapnya.

"Jadi, saya harap, adik-adik pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2024," imbuhnya.

Koswara mengajak masyarakat Kota Bandung yang terdata sebagai pemilih pemula untuk segera melakukan perekaman dengan mengunjungi kantor kecamatan sesuai lokasi atau ke gerai-gerai yang disiapkan. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut