BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Solusi monitoring jaringan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan seperti MONA, asisten cerdas dari Netmonk milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), diproyeksikan muncul sebagai game changer.
MONA, fitur balas chat otomatis Netmonk mampu mendeteksi masalah secara real-time. Tidak seperti sistem monitoring tran disional yang hanya bersifat reaktif, MONA memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI untuk mendeteksi cepat masalah cepat. Bahkan MONA mampu memprediksi potensi gangguan sebelum terjadi.
EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan, MONA mampu menekan downtime hingga 40 persen dengan memberikan notifikasi dini kepada tim IT perusahaan dan merekomendasi tindakan tepat.
"Selain itu, MONA juga meningkatkan efisiensi energi hingga 20 persen karena pemeliharaan dapat dilakukan tepat waktu, tanpa harus menunggu masalah muncul," kata Budi Aryasa, Kamis (3/10/2024).
Budi menyatakan, MONA tidak hanya memberikan efisiensi operasional, tetapi juga sejalan prinsip ekonomi sirkular. Dengan memperpanjang masa pakai perangkat hingga 30 persen, MONA membantu perusahaan mengurangi limbah elektronik dan biaya penggantian perangkat, menjadikannya solusi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga ramah lingkungan.
Editor : Ude D Gunadi