get app
inews
Aa Read Next : Dapat Kenaikan Insentif 100 Persen, Linmas Ucapkan Beribu Terima Kasih ke Bupati Bandung

Terima Program Kartu Tani Sibedas, Kelompok Tani Pasir Jirak Harap Dukungan Berkelanjutan

Senin, 07 Oktober 2024 | 12:15 WIB
header img
Enjang Juju menjadi salah satu penerima manfaat dari program Kartu Tani Sibedas yang digulirkan Bupati Bandung, Dadang Supriatna. Foto: Ist.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Enjang Juju menjadi salah satu penerima manfaat dari program Kartu Tani Sibedas yang digulirkan Bupati Bandung, Dadang Supriatna.

Enjang Juju merupakan Ketua Kelompok Tani Hutan Pasir Jirak Kahuripan II sejak tahun 2000, setelah sebelumnya menjadi sekretaris pada tahun 1997. 

Kelompok tani ini bergerak dalam usaha penghijauan, awalnya memproduksi bibit kayu-kayuan dan buah-buahan, namun sekarang fokus pada bibit kopi.

Dalam kesehariannya, Enjang aktif mengelola persemaian bibit kopi dan kayu-kayuan, serta berkebun kopi di lahan milik Perum Perhutani bersama 62 anggota kelompoknya. 

Lahan yang mereka kelola mencakup 143,7 hektar di kawasan Perum Perhutani. 

Enjang mengungkapkan bahwa kelompoknya menerima bantuan program Kartu Tani Sibedas sejak tahun 2023. 

Pada tahun ini, bantuan tersebut diberikan dalam bentuk barang senilai Rp500.000 per anggota, dengan dukungan dari Bupati Bandung, Dadang Supriatna.

Enjang menjelaskan bahwa bantuan dari Bupati berbentuk sarana-prasarana yang diperlukan untuk lahan kering, seperti hens fryer, cangkul, sepatu boot, parang, bedok, pengki dan roda. 

"Kebutuhan kami berbeda dengan petani sawah, jadi kami membutuhkan peralatan yang sesuai untuk mengelola lahan kering," kata Enjang saat ditemui, Senin (7/10/2024).

Enjang menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bandung atas program Kartu Tani Sibedas yang telah diluncurkan. Ia berharap program tersebut dapat ditingkatkan dan diperluas di masa depan. 

"Produksi kelompok kami, khususnya bibit kopi bersertifikat, sangat layak untuk ditanam. Jika memungkinkan, kami berharap Kabupaten bisa menyerap produksi ini untuk mendukung program pemerintah," harapnya.

Pemerintah Kabupaten Bandung menggulirkan program Kartu Tani Sibedas ini merupakan bagian dari pemberdayaan para petani. Dengan harapan para petani pun melakukan berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan usaha bertaninya. 

Untuk diketahui bahwa Kartu Tani Sibedas ini tidak hanya untuk mendapatkan akses bantuan pupuk bersubsidi dari Pemkab Bandung. Tentunya para petani bisa mendapatkan akses bantuan bibit unggul bersertifikat. 

Selain itu, akses mendapatkan bantuan permodalan dari pemerintah daerah, asuransi keselamatan kerja petani, pembelian hasil pertanian, pelatihan dan pengembangan usaha tani, serta akses terhadap beasiswa bagi keluarga petani.

Program ini pula dinilai mampu memberikan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para petani, seperti akses terhadap sarana dan prasarana pertanian, permodalan, dan pemasaran hasil pertanian.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut