Omnichannel Kampus Digitalisasi Perguruan Tinggi dalam Satu Jaringan Komunikasi

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur (Jatim) memastikan ribuan mahasiswa, dosen, staf, hingga alumni terhubung dengan memanfaatkan teknologi omnichannel dari Omni Communication Asistant (OCA) dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).
Dengan teknologi ini, civitas kampus memungkinkan mengelola semua saluran komunikasi dalam satu dashboard, seperti WhatsApp, media sosial, hingga email.
Selain itu, hadir chatbot OCA yang dirancang menjawab pertanyaan umum secara otomatis. Berbagai informasi yang dibutuhkan seperti jadwal, administrasi, maupun informasi akademik lainnya, dapat dijawab dalam hitungan detik tanpa perlu menunggu balasan manual dari staf.
Direktur Marketing Bandung Techno Park Dr Syahputra menilai omnichannel OCA adalah adopsi digital kekinian di dunia pendidikan tinggi.
"Dengan jumlah civitas tidak sedikit, dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik, saya kira saluran komunikasi harus terus diperkuat," kata Syahputra.
Menurut Syahputra, satu jenis layanan, apalagi yang gratis seperti pesan instan, belum tentu andal dan bisa menjembatani semua civitas. Karenanya, layanan omnichannel seperti OCA menjadi kebutuhan aktual sektor pendidikan.
Editor : Agus Warsudi