get app
inews
Aa Read Next : Jangan Suka Nguping atau Mendengarkan Pembicaraan Orang Lain, Balasannya Ngeri di Hari Kiamat

Hari Kiamat Sudah Sangat Jelas Dalilnya, Persiapkan Amalan Selagi Hidup

Selasa, 05 April 2022 | 14:46 WIB
header img
Hari kiamat sudah sangat jelas dalilnya dalam Alquran maupun As-Sunah. (Foto: ilustrasi/Livescience).

HARI kiamat sudah sangat jelas dalilnya dalam Alquran maupun As-Sunah. Saat ini yang terpenting bagi Muslim adalah mempersiapkan diri saat masih hidup di dunia dengan amalan 

Hari Kiamat memang selalu menjadi bahasan yang menarik tetapi juga mengerikan. 

"Apakah tanda-tanda akan terjadinya kiamat pada hadits di atas sudah terjadi? Jawabannya sudah terjadi. Mengapa belum juga terjadi kiamat? Karena, masih ada tanda-tanda lainnya yang harus terjadi," ujar Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani Kiki kepada Okezone, beberapa waktu  lalu.


Sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al-'Araf ayat 187, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

 Artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,". (QS. Al-'Araf: 187).

Selain itu, banyak dalil dan ayat-ayat Alquran lainnya yang mengambarkan, serta menjelaskan tentang hari kiamat, antara lain sebagai berikut:


Tentang kiamat, Al-Bukhari meriwayatkan dari Syaqiq, berkata, "ِAku pernah bersama ‘Abdullah dan Abu Musa, keduanya berkata, ‘Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

إِنَّ بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ لأَيَّامًا يَنْزِلُ فِيهَا الْجَهْلُ وَيُرْفَعُ فِيهَا الْعِلْمُ.

Artinya: "Sesungguhnya menjelang datangnya hari kiamat akan ada beberapa hari di mana kebodohan turun dan ilmu dihilangkan,".

Datangnya kebodohan dan hilangnya ilmu menjelang hari kiamat dijelaskan dalam riwayat hadits tersebut. Terlebih sebelum kiamat tiba, orang-orang salih, berakhlak serta berilmu akan diwafatkan karena mereka tidak akan merasakan pedihnya hari akhir itu.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut