get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Rute Penerbangan di BIJB Kertajati, Pemprov Jabar Berupaya Turunkan Biaya Avtur

Idul Adha 1443 H, Jabar Siapkan 804 Ribu Hewan Kurban

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:59 WIB
header img
Pemprov Jabar menyiapkan 804 Ribu Hewan Qurban saat Iduladha 1443 Hijriah mendatang. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pemprov Jabar menyiapkan 804 Ribu Hewan Qurban saat Iduladha 1443 Hijriah mendatang. Terdiri dari 96.500 ekor sapi, 2.600 ekor kerbau, 69.000 ekor domba, dan 95.000 ekor kambing.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, ratusan hewan qurban disediakan tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pasalnya, kebutuhan hewan kurban di Jabar tersebar di Indonesia.

"Jadi total sekitar 800 ribuan (hewan kurban) yang akan di potong di tanah Jabar oleh orang-orang yang akan berkurban," ujar Emil di kantor Kemenag Jabar, Rabu (8/6/2022). 

Emil mengatakan bahwa hewan kurban yang akan dipotong di wilayah Jabar dipastikan dalam keadaan sehat. Sebab, seluruh upaya untuk menangkal PMK pada hewan terus dilakukan oleh Pemprov Jabar.

Menurutnya, untuk keterangannya, setiap hewan kurban yang aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di kupingnya akan ada sertifikat berwarna kuning yang ditindik seperti anting,

"Kepada konsumen yang akan membeli dan memotong, pastikan yang dibeli hewan ternaknya ada tanda sertifikat sehatnya di kupingnya ada tanda warna kuning," katanya.

Selain hewan kurban, Emil memastikan bahwa perayaan salat Iduladha 1443 hijriah juga akan sama seperti salat Idulfitri pada beberapa bulan kemarin. Menurutnya, perayaan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan menyesuaikan kondisi Covid-19. 

"Insyaallah pelaksanaan Iduladha dari sisi persiapan salatnya relatif aman terkendali. Karena pengalaman testing Idulfitri ternyata sangat baik," katanya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut