Bale Budaya Parahyangan Dukung Jabar dan Indonesia Unggul dalam Kebudayaan

Abbas Ibnu Assarani
Ketua Yayasan Wilasantana Talaga Manggung TB Hasanuddin bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Bale Budaya Parahyangan Padalarang, KBB, Sabtu (20/8/2022). (Foto: INews)

BANDUNG BARAT,INEWSBANDUNGRAYA.ID - Ketua Yayasan Wilasantana Talaga Manggung Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Bale Budaya Parahyangan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (20/8/2022).

Bale Budaya Parahyangan yang didirikan Yayasan Wilasantana Talaga Manggung ini memiliki luas 8.000 meter persegi dengan arsitektur bangunan rumah joglo dan memiliki ruang pameran, pendopo, ruang seminar, dan teater terbuka bale budaya.

"Keluarga besar Wilasantana mengucapkan terima kasih ke gubernur yang berkenan hadir, untuk mendukung pengembangan seni dan budaya," kata TB Hasanuddin usai peresmian kepada wartawan.

Dijelaskannya, Bale Budaya Parahyangan merupakan tempat berkreasi dalam mewadahi berbagai kegiatan seniman, budayawan, cendekiawan serta insan kreatif di Jawa Barat maupun nasional.Untuk berinteraksi serta berkebudayaan secara konstruktif, mendukung Jawa Barat dan Indonesia yang unggul dalam kebudayaan.

Bale Budaya Parahyangan lahir dari konsep dan gagasan unggulan yang aplikatif, tentang kebergunaan kebudayaan dalam bidang pengkajian, penciptaan, dan pameran. Awalnya akan didirikan di Majalengka yang merupakan tanah leluhur kelahiran keluarganya.Namun setelah dikaji akan lebih bermanfaat bila didirikan di Puseur Dayeuh Pasundan, yaitu di Bandung Raya.

Anggota Komisi I DPR RI ini juga menegaskan bahwa Bale Budaya Parahyangan tidak memiliki tujuan politik praktis. Tempat ini dipersembahkan dengan ikhlas dan tulus untuk digunakan bagi pengembangan seni dan budaya masyarakat Tatar Sunda khususnya, serta masyarakat Indonesia.

"Semoga ini jadi oase untuk mendukung Jawa Barat dan Indonesia dalam melestarikan budaya nusantara, sehingga menjadikan warisan leluhur sebagai kepribadian bangsa," ucapnya.

Dirinya pun berharap Bale Budaya Parahyangan dapat menjadi "center of excellence" (pusat unggulan) dalam kegiatan kebudayaan di lingkungan masyarakat. Serta menjadi pusat daya gravitasi bagi komunitas kreatif di bidang seni dan sosial budaya. Termasuk merawat lingkungan alam dan kearifan lokal yang hidup dan tumbuh di masyarakat.

Sementara Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai membangun dan melestarikan kebudayaan daerah tidak harus selalu peran dari pemerintah. Perlu sosok atau lembaga seperti Yayasan Wilasantana Talaga Manggung yang bisa memberikan manfaat luar biasa bagi perkembangan seni budaya bukan hanya Jabar tapi juga Indonesia."Ini luar biasa, bisa menyumbangkan pendopo, galeri, amfiteater, untuk memajukan kebudayaan Jawa Barat, tanpa dipungut biaya. Semoga ini jadi teladan, karena pemerintah butuh sosok-sosok seperti ini," ucapnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network