Wagub Uu: Antisipasi Cacar Monyet di Jabar sama Seperti Covid-19

Abbas Ibnu Assarani
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: Abdul Basir).

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Monkeypox atau cacar monyet harus menjadi perhatian penting pemerintah, sebab, virus tersebut saat ini sudah masuk ke Indonesia lewat lewat perjalanan luar negeri

Meskipun di Jawa Barat belum ditemukan kasus tersebut, Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengimbau seluruh warganya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Hal tersebut agar virus yang ditemukan pada pasien laki-laki berusia 27 tahun pada Jumat (19/8/2022) usai melakukan perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis agar tidak menyebar luas ke wilayah Jawa Barat.

Uu meyakini masyarakat sudah mulai paham ketika adanya virus yang baru, hal tersebut berpengalaman saat Covid-19 melanda Indonesia hingga Jawa Barat.

"Cacar Monyet sama antisipasinya dengan virus Corona," ucap Uu di Bandung, Rabu (23/8/2022).

Kasus pertama Monkeypox atau cacar monyet masuk di Indonesia telah diumumkan langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes). virus Monkeypox ditularkan melalui kontak erat manusia dengan manusia. Gejalanya antara lain adalah demam, sakit kepala, ruam pada kulit, nyeri otot dan kelelahan.

Wagub Uu mengatakan belum mendapatkan arahan lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait pencegahannya."Belum ada Instruksi dari pemerintah pusat.saya kira masyarakat tinggal menguatkan diri karena sudah paham tentang pencegahan virus," tandasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network