Peringati Hari Sumpah Pemuda, Inilah 5 Rekomendasi Film Bertemakan Perjuangan Pemuda Indonesia

Rizal Fadillah
Inilah 5 rekomendasi film bertemakan perjuangan pemuda Indonesia. (Foto: Ilustrasi/net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, salah satunya adalah dengan menonton film Indonesia yang bertemakan perjuangan pemuda Indonesia.

Dengan menonton film-film ini, kita dapat memaknai semangat para pemuda demi kesatuan bangsa, sekaligus bisa menumbuhkan kecintaan kita kepada Tanah Air. 

Seperti diketahui, hari Sumpah Pemuda diperingati pada 28 Oktober setiap tahunnya. Di tahun 2022, Sumpah Pemuda jatuh tepat pada hari ini, Jumat (28/10/2022).

Hari Sumpah Pemuda diperingati untuk mengenang momen bersejarah kebangkitan para pemuda Indonesia, pada Kongres Pemuda II pada tahun 1928 silam.

Kongres tersebut melahirkan ikrar para pemuda Indonesia yakni bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa yang satu yakni Bahasa Indonesia.

Saat ini, banyak sekali film yang cocok ditonton pada momen Hari Sumpah Pemuda. Film-film produksi Tanah Air juga banyak yang bertema perjuangan para pemuda.

Nah, berikut ini 5 rekomendasi film yang cocok ditonton untuk memperingati Sumpah Pemuda.

1. SUSI SUSANTI: LOVE ALL

Film ini telah dirilis pada 24 Oktober 2019. Selain mengenalkan sosok legenda bulu tangkis Susi Susanti, kamu juga bisa melihat sedikit sejarah Indonesia lewat pengorbanan para atletnya. Pas banget dengan suasana hari Sumpah Pemuda.

2. RUMAH MERAH PUTIH

Gimana kalau keriuhan sekaligus kegirangan anak-anak di kawasan Timur dalam menyambut 17 Agustus-an dijadikan film? Tentunya bikin kita terharu karena mereka tetep semangat ikut beragam lomba. Film yang tayang 29 Juni 2019 ini mencoba mengulas tema tersebut. Wajib ditonton, nih.

3. WAGE

Kisah komponis lagu "Indonesia Raya", Wage Rudolf Supratman, ini juga bisa jadi rekomendasi film yang cocok banget ditonton pada momen Sumpah Pemuda. "Wage" yang dirilis pada 9 November 2017, lebih menonjolkan lika-liku WR Supratman menciptakan lagu kebangsaan. Bikin tambah cinta Indonesia deh.

4. NEGERI DONGENG

Dalam film ini, indahnya Indonesia dikisahkan lewat perjalanan mendaki gunung. Kita bukan cuma akan menikmati indahnya Indonesia, tapi juga kenikmatan mendaki gunung bersama kawan-kawan. "Negeri Dongeng" dirilis 26 Oktober 2017. Pencinta gunung sejati belum sah kalau belum nonton ini.

5. 3 SRIKANDI

Dirilis pada 4 Agustus 2016, "3 Srikandi" mengisahkan perjuangan atlet panahan legendaris Indonesia. Di sini, kita akan lihat lika-liku mereka selama latihan dan akhirnya mereka mampu meraih medali di Olimpiade Seoul 1988. Bikin bangga, deh, nontonnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network