Rekomendasi 5 Tempat Wisata Religi di Cirebon, Ada Jejak Peninggalan Wali Songo

Aqeela Zea
Masjid Agung Sang Cipta Rasa salah satu tempat wisata religi di Cirebon. (Foto: Tripadvisor/albani.arief)

3. Makam Sunan Gunung Jati

Di urutan ketiga wisata religi ada Makam Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati bisa jadi salah satu destinasi wisata religi pilihan di Cirebon.

Setiap harinya para peziarah hilir mudik ke kompleks makam Sunan Gunung Jati dan keturunannya. Mengingat tempat ini buka selama 24 jam.

Mengunjungi Makam Sunan Gunung Jati, Anda akan melihat perpaduan arsitektur Jawa, Arab, serta China.

Lokasi wisata religa ini berada di Jalan Alun-alun Ciledug No 53, Astana, Cirebon.

4. Masjid Raya At-Taqwa

Kemudian ada Masjid Raya At-Taqwa yang dibangun pada 1918 silam di Kampung Kejaksan. Bangunan masjid tersebut terdiri dari dua bagian, satu digunakan untuk Tajug Agung (Masjid At-Taqwa sekarang), sementara setengah bagiannya untuk Alun-alun (Alun-alun Kejaksan).

Masjid ini berdiri mulanya digunakan untuk Tajug Agung. Saat itu bangunan masjid kurang menghadap kiblat serta ruangannya terlalu kecil, sehingga dilakukan direnovasi. Pada 1951 bangunan masjid baru itu diresmikan, lalu diberi nama At Taqwa pada 1963.

Gaya arsitektur masjid tersebut berciri bangunan tropis dengan atap jurai serta dilengkapi dengan empat menara kecil, dan menara setinggi 65 meter. Masjid Raya At-Taqwa juga mempunyai gerbang warna emas dengan tulisan kaligrafi dua kalimat syahadat yang terbuat dari bahan glass reinforced cement (GRC) di atas batu granit asli dari Brazil.

Seluruh lantai dan dinding masjid ini menggunakan batu granit, begitu juga dengan tiang dalam masjid. Selain itu, tiang-tiang masjid juga dihiasi dengan ornamen arsitektur Islam.

Bagian taman Masjid Raya At-Taqwa tak ketinggalan dihiasi dengan pohon kurma, sehingga mirip di Timur Tengah. Ada pula 2 kolam air mancur di sisi kanan serta kiri bagian depan masjid yang menambah cantik pemandangan di masjid tersebut.

Lokasi Masjid At-Taqwa berada di Jalan kartini No 2. Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan, Cirebon.

Editor : Zhafran Pramoedya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network