Naik di Stasiun Kiaracondong, Seorang Ibu Melahirkan Bayi Laki-laki di Atas Kereta Api

Aqeela Zea
Bayi laki-laki yang dilahirkan seorang ibu saat naik KA Kahuripan dari Stasiun Kiaracondong, Bandung menuju Stasiun Lempuyangan. Foto: Daop 2 Bandung

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Seorang ibu mengalami kejadian tak diduga saat perjalanan kereta api dari Bandung menuju Yogyakarta. Penumpang KA Kahuripan ini melahirkan di atas kereta api pada Kamis (9/2/2023).

Dalam keterangan yang diterima, kejadian melahirkan ini bermula saat salah satu penumpang yang sedang hamil naik kereta api di Stasiun Kiaracondong. Kereta yang ditumpangi bersama suaminya itu adalah KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar.

Ketika perjalan kereta api memasuki Stasiun Bojong yaitu antara stasiun Ciamis dan Banjar, penumpang bernama Salsabilla yang memiliki tiket tujuan Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta itu merasakan sakit dan kontraksi pada perutnya seperti hendak melahirkan.

 

Kemudian, petugas KA Kahuripan dengan sigap membantu dan pada pukul 02.50 WIB penumpang tersebut melahirkan secara normal bayi dengan jenis kelamin laki-laki. Proses persalinan itu juga dibantu salah seorang penumpang KA Kahirupan yang berprofesi sebagai bidan.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan, petugas KA Kahirupan lalu segera berkoordinasi dengan petugas kesehatan dan pengamanan Stasiun Banjar yang tengah berdinas bahwa terdapat penumpang yang melahirkan di kereta ekonomi 5.

Sesampainya di Stasiun Banjar, petugas yang didampingi suaminya itu langsung membawa bayi dan ibunya ke RS Mitra Idaman guna mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"KAI Daop 2 Bandung mengimbau kepada seluruh pelanggan agar tidak segan-segan meminta bantuan atau pertolongan kepada petugas di dalam KA maupun di area stasiun jika membutuhkan bantuan. KAI Daop 2 Bandung juga mengimbau untuk tetap jaga kondisi dan selalu utamakan keselamatan," kata Mahendro.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network