Asrama Indramayu dan Bandara Kertajati Siap Layani Ribuan Jemaah Haji 2023

Rizal Fadillah
Bandara Kertajati . (Foto: MNC Media)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan asrama haji Indramayu siap melayani jamaah haji dari 7 kabupaten kota pada 24 Mei 2023 mendatang.

Asrama haji Indramayu sendiri akan memfasilitasi jemaah dari Kota Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Subang dan Sumedang seiring dengan adanya 22 kloter penerbangan melalui BIJB Kertajati.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Jabar, Dedi Supandi mengatakan, seiring dengan asrama haji yang akan digunakan mulai 24 Mei 2023, Kementerian Agama telah menjatuhkan anggaran sebesar Rp6,7 miliar. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk sarana jalan, penerangan jalan umum dan prasarananya lainnya.

"Lainnya akan kita bantu secara kolaborasi dari BUMD untuk memenuhi kebutuhan sarana air dan juga tempat wudhu dan lain sebagainya," ucap Dedi, Senin (6/3/2023).

Sementara untuk masjid asrama yang saat ini belum tuntas, kata Dedi, sebagai solusinya aula asrama akan difungsikan sebagai masjid. Aula yang terdiri dari dua lantai tersebut, lantai satunya akan digunakan sebagai sarana pertemuan sedangkan lantai dua akan dijadikan masjid.

"Kalau masjid akan kita support tapi rencana pembangunan tidak untuk di tahun ini. Jadi kita akan pergunakan memaksimalkan sarana yang ada yang penting asrama haji ini bisa digunakan per tanggal 24 Mei ini," terangnya.

Dedi mengatakan, saat ini Jawa Barat mendapatkan kuota jemaah haji paling banyak di Indonesia yaitu sebanyak 38.374 jemaah. 

"Nah dari 38.374 ini terbagi di dua asrama haji, yaitu asrama Haji Indramayu dan asrama haji yang di Bekasi," ujarnya.

Adapun soal kelengkapan di Bandara Internasional Kertajati yang juga menjadi embarkasi haji 2023 untuk jemaah haji asal Ciayumajakuning, Dedi memastikan, pihaknya sudah meninjau berbagai kesiapannya.  

"Kemarin masih ada kekurangan kursi ruang tunggu, terus alat-alat charger, sama kita mau fasilitasi agar imigrasi yang dari Arab Saudi juga hadir di BIJB dan mereka itu bisa melakukan imigrasi langsung di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam mengatakan pihaknya mendorong Kemenag merestui agar asrama tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pelayanan kepada masyarakat.

"Asrama Haji Indramayu ini harus jadi pelayanan haji dengan fasilitas seadanya insyaallah lebih baik. Pemprov bisa bantu untuk jalan lingkungan dan peneranagan dan masjid juga. Tapi untuk masjid rupanya enggak akan keburu paling kita dorong ke jalan dan penerangan," ungkapnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Jabar, Barnas Adjidin mengatakan, dengan ditetapkannya embarkasi Kertajati tentunya harus dimanfaatkan dengan baik.

"Penganggaran kita lakukan penganggaran yang sifatnya prioritas agar efisien dan efektif agar kegiatan pemberangkatan haji itu bisa berjalan di sini," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network