Tertinggi di Indonesia, Patung Bung Karno Dibangun Tanpa Uang Negara

Aqeela Zea
Replika Patung Bung Karno akan jadi yang tertinggi di Indonesia. Foto: Instagram/@hengykurniawan

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Patung Bung Karno di Monumen Plaza Dr. (H.C.) Ir. H. Soekarno di GOR dan Taman Saparua, Kota Bandung diklaim bakal jadi yang tertinggi di dunia. Untuk pembangunannya disebut tidak akan memakai uang negara.

Groundbreaking Monumen Plaza Dr. (H.C.) Ir. H. Soekarno dilakukan oleh Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Sebagai penasihat pembangunan Monumen Bung Karno, Hasto menilai, Kota Bandung mempunyai sejarah khusus tentang Sang Proklamator RI.

“Dari Bandung ini, pemikiran Bung Karno ini membentang dari society view bergerak ke nasional view dan world wide view dan inilah cara pandang yang harusnya diwujudkan oleh para pemuda-pemuda Indonesia, khususnya Bandung ini,” kata Hasto dalam sambutannya, Rabu (28/6/2023).

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Putra Nasional Indonesia, Pamriadi mengungkapkan, pembangunan Patung Bung Karno dipastikan tanpa menggunakan uang negara atau daerah.

Dibangun secara gotong royong, kata dia, Patung Bung Karno akan menjadi patung yang tertinggi di dunia.

“Patung Bung Karno setinggi 22,3 meter ini, insyaallah tidak dibiayai APBN dan APBD, tetapi mendapatkan donatur-donatur yang sangat cinta Bung Karno, terhadap perjuangan Bung Karno,” kata Pamriadi.

Pamriadi menjelaskan, pembangunan patung tersebut akan menelan anggaran sekitar Rp14,5 miliar. Pemberi ide pembangunan ini datang dari akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Monumen Plaza ini akan dilakukan pembangunan pada awal Juli dengan membangun pertama adalah menata taman Plaza Bung Karno,” jelas Pamriadi.

Diterangkan Pamriadi, patung ini dibuat oleh pematung yang memang kerap membuat Patung Bung Karno, yakni Dunadi, asal Yogyakarta.

“Sedang diproses sekarang di Yogyakarta. Insyaallah tahun ini Monumen Plaza Bung Karno di Bandung ini akan menjadi monumen tertinggi di Indonesia, mungkin tertinggi di dunia. Ini akan menjadi ikon baru di Jawa Barat,” terangnya.

Sejumlah tokoh hadir di acara tersebut yakni Penasihat Pembangunan yang juga Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono dan Sekretarisnya Ketut Sustiawan, Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan.

Hadir juga sejumlah tokoh masyarakat seperti Tito yang merupakan putra Inggit Garnasih, Kapolda Jabar Irjen Akhmad Wiyagus, Ketua Yayasan Fatmawati Erros Djarot, dan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network