Mahasiswa Baru Wajib Tahu! Ini 8 Tips Memilih Kos yang Aman dan Nyaman

Rizal Fadillah
Ilustrasi kamar kos. Foto: iStock Photo)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bagi kalian calon mahasiswa baru, penting untuk mengetahui tips memilih rumah kos atau kos-kosan yang aman dan nyaman yang akan kamu tempati.

Sebab jika memilih tempat kos dengan asal-asalan, pastinya akan membuatnya kamu merasa tidak nyaman dan cenderung tidak betah.

Nah, berikut ini tips memilih kos yang aman dan nyaman bagi mahasiswa baru, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Periksa Lokasi Rumah Kos

Salah satu hal terpenting dalam memilih rumah kos adalah lokasi. Karena lokasi merupakan bagian yang sangat penting. Sangat disarankan memilih lokasi yang dekat dengan kampus. Apakah lokasi kos-kosan jauh dari tempat perkuliahan.

Jarak ideal ke kampus minimal 2-4 km. Namun, jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, kami sangat menyarankan untuk mencari kos terdekat. Sekitar 500 meter dari kampus. Selain itu, lokasi yang direkomendasikan juga strategis dan dekat dengan keramaian.

2. Cek Fasilitas yang Tersedia

Setidaknya, tanyakan mengenai beberapa fasilitas yang akan didapatkan selama di kos. Terutama, untuk fasilitas berupa wifi yang sangat dibutuhkan mahasiswa. Tanyakan kepada pemilik kos, apakah tersedia wifi?

Tidak hanya itu saja, bagaimana listrik dan airnya? Semua hal harus ditanyakan secara detail. Agar, tidak ada permasalahan nantinya setelah kamu melakukan pembayaran di kos tersebut.

3. Cek Lingkungan Kos Aman atau Tidak

Dengan memilih lingkungan kos yang tepat, berarti kamu lebih memahami mengenai kebutuhan anak kos. Untuk itu, lebih baik memilih lingkungan yang nyaman. Pilihlah rumah kos yang memiliki lingkungan asri, tentram dan nyaman.

Dengan lingkungan tersebut, akan membantu agar lebih bisa tenang dalam beristirahat. Sebaliknya, jika kamu memilih lingkungan yang salah maka akan membuat istirahat Anda kurang nyaman.

4. Harga Sewa Sesuai Kebutuhan

Sebagai anak kos, kamu harus mempertimbangkan pilihan harga kos dan berdiskusi dengan orangtua, karena orangtua yang akan membayar uang sewa tersebut.

Sebaliknya, memilih kos tidak harus terlalu boros. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu saat belajar. Pastikan juga harga yang diiklankan sesuai dengan kualitasnya.

5. Gunakan Sumber Terpercaya

Sebelum era digital saat ini, mahasiswa sering menggunakan kenalan dan dari mulut ke mulut ketika mencari tempat tinggal seperti kos-kosan. Ketika mahasiswa memasuki era digital, jumlah informasi yang tersedia di Internet membantu mereka lebih banyak.

Dengan begitu banyak informasi di internet, kamu harus sedikit berhati-hati saat membuat pilihan. Jika kamu ingin mengunduh aplikasi serupa, pilih situs web yang sudah dapat dipercaya dan lihat ulasan penggunanya. Selain itu, periksa juga detail kontak pemilik.

6. Perhatikan Kamar Mandi

Tidak dapat disangkal bahwa kamar mandi adalah salah satu yang penting. Saat memilih kost-kostan jika memungkinkan, kamar mandi harus menjadi pertimbangan pertama. Karena kamar mandi merupakan area yang perlu diperiksa terlebih dahulu.

Pastikan kamar mandi dalam kondisi baik. Jika kotor, berdebu, dan ditumbuhi lumut, tidak layak untuk dipilih. Sebaliknya, pilihlah kosan dengan kamar mandi yang layak.

7. Cek Ukuran Kamar

Saat ini, banyak sekali rumah kos yang tidak manusiawi.Bahkan, untuk ukuran kamarnya sendiri hanya berukuran 2 x 2 meter saja. Bayangkan, bagaimana mungkin kamu bisa nyaman berada di tempat tersebut?

Sebaiknya, pilih ukuran kamar dengan ukuran minimal 3 x 3. Ukuran tersebut sudah sangat layak untuk digunakan.Ukuran ini juga layak jika teman kamu main untuk mengerjakan tugas bersama. Jadi, pastikan kamu mengecek ukuran tempatnya terlebih dahulu.

8. Cari Informasi Penghuni dan Bapak/Ibu Kos

Cari tahu tentang siapa saja penghuni rumah kos. Apakah tipe kos campuran jenis kelamin atau jenis kelamin tertentu. Bahkan lebih baik untuk mempertimbangkan pro dan kontra dan melibatkan orang tua dalam pengambilan keputusan.

Penting juga untuk mencari informasii rumah kos dan pemilik rumah kos. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau di luar kendali.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network