Polisi Tangkap Pria Bergolok Palak Toko Kelontong di Bandung, Begini Motifnya

Aqeela Zea
Pemuda yang palak toko kelontong pakai golok ditangkap. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pelaku bersenjata golok yang viral akibat aksinya memalak toko kelontong akhirnya ditangkap. Oleh keluarganya, pelaku diserahkan pada Polrestabes Bandung.

Rupanya pelaku yang aksinya terekam CCTV ini masih berusia 16 tahun. Penyerahan pelaku berinisial R oleh keluarga dilakukan pada Jumat (25/8/2023).

Hasil pemeriksaan terhadap pelaku, ia menjalankan aksinya tersebut ditemani seorang lainnya yang saat ini masih buron.

"Ada satu pelaku lainnya, yang masih buron. Saat ini dalam pengejaran," kata Kapolretabes Bandung, Kombes Budi Sartono saat gelar ungkap kasus di Mapolrestabes Bandung, Jumat (25/8/2023).

Kemudian, lanjut Budi, pelaku juga saat menjalankan aksinya dalam pengaruh obat-obatan serta mengkonsumsi minuman keras (miras).

Disinggung soal motif, Budi menyebut, pelaku melakukan pemerasan karena faktor ekonomi. Selain itu, di lingkungan tempat tinggalnya, pelaku oleh masyarakat dianggap meresahkan.

"Karena masih di bawah umur, dalam penanganan kasusnya kita lakukan pendampingan bersama dengan Bapas," ujarnya.

Barang bukti yang diamankan polisi dalam kasus ini yaitu satu motor yang digunakan saat melakukan aksi pemerasan. Untuk barang bukti golok, saat ini dalam pencarian kepolisian.

"Untuk pelaku kita sangkakan pasal 368 KUHPidana," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang pemuda berbekal golok melakukan aksi pemalakan di sebuah toko kelontong. Aksi pria itu viral usai tersebar di media sosial (medsos).

Dari informasi yang dihimpun, aksi pria bersenjata golok itu terjadi di sebuah toko kelontong yang terletak di Jalan Cikondang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Dari rekaman video, terlihat pelaku yang menggunakan jaket dan masker warna hitam, menodongkan sebilah golok ke arah korban. Pelaku pun terdengar berulangkali meminta ponsel korban supaya segera diserahkan.

"HP mana HP," kata pelaku sebagaimana dilihat dari video.

Korban pun sempat menolak permintaan pelaku untuk menyerahkan ponselnya. Akan tetapi, pelaku tetap memaksa bahkan mengancam ke korban bakal menghunuskan goloknya.

"Teu aya HP mah (ga ada HP)" kata korban.

"Sok a*nj*ng kadek siah ku aing (bacok sama saya)" jawab pelaku.

Pelaku dikabarkan lebih dari satu orang saat melakukan aksinya tersebut.

Editor : Zhafran Pramoedya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network