Delapan Perpustakaan di Kota Bandung yang Manjakan Pecinta Buku

Dede Suherlan
Ilustrasi perpustakaan


BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bagi Anda penyuka buku, ada beberapa perpustakaan di Kota Bandung yang bisa menjadi rujukan. Di lokasi ini, Anda bisa memenuhi hasrat berburu ilmu dan pengetahuan. Dan, Anda pun akan disambut suasana nyaman dan adem.

Berikut delapan perpustakaan di Kota Bandung yang layak disambangi:

1) Rumah Baca Buku Sunda (RBBS)

Kendati bernama Rumah Baca Buku Sunda, namun tempat yang berlokasi di Jln. Margawangi VII No.5 Margacinta Bandung ini tak hanya berisi buku Sunda. Di rumah baca ini terdapat bermacam-macam buku, seperti politik, sosial, budaya, dan seni.

Sebenarnya, tempat ini bukanlah toko buku, melainkan perpustakaan. Pemiliknya, Mamat Sasmita, tidak menjual buku tapi meminjamkan. Tidak ada pungutan biaya untuk meminjam buku-buku di taman baca ini. Kitalah yang harus menghargai sikap Wa Sas, sapaan Mamat Sasmita, dengan menjaga buku yang kita pinjam.

Laman Rumah Baca Buku Sunda: rumahbacabukusunda.blogspot.com

2) Warung Buku Cupumanik

Terletak di Jln. Taman Kliningan II No. 5 Bandung, perpustakaan ini adalah Kantor Redaksi majalah berbahasa Sunda, Cupumanik. Buku-buku yang tersedia tidak terlalu jauh koleksinya dengan RBBS. Seputar sejarah, seni, dan budaya.

3) Goethe Bandung

Goethe Bandung menyediakan buku-buku dengan tema pilihan dalam bahasa Jerman. Sebagian kecil terdapat buku-buku dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Ada juga koran dan majalah-majalah Jerman terbaru serta CD Musik. Kita bisa meminjam film fiksi dan dokumentasi Jerman dalam bentuk Video dan DVD, sebagian dengan subtitel bahasa Inggris.

Laman Goethe: www.goethe.de

4) Centre Cultural France (CCF)

Perpustakaan CCF di Jalan Purnawarman No.32 Bandung, termasuk yang asyik untuk dikunjungi. Beberapa koleksinya kebanyakan tidak akan ditemukan di perpus lain, apalagi di toko buku.

Jika Anda menjadi Anggota Mediatek CCF Bandung, kita akan dengan mudah mendapatkan fasilitas-fasilitas yang nyaman untuk mendukung studi dalam berbahasa Prancis atau dalam pencarian informasi tentang Prancis.

Laman CCF: www.ccf-bandung.org

5) Perpustakaan Gedung Merdeka

Perpustakaan ini terletak di belakang gedung museum Asia Afrika, Jln. Asia Afrika Bandung. Kita bisa masuk melalui pintu samping museum yang ada di Jl. Braga, dekat gedung yang bentuknya seperti kaleng biskuit, yaitu Majestic.

Museum ini memiliki sejumlah buku mengenai sejarah, sosial, politik, dan budaya Negara-negara Asia Afrika, dan negara-negara lainnya. Ada pula dokumen-dokumen mengenai Konferensi Asia Afrika dan konferensi-konferensi lanjutannya dan majalah dan surat kabar yang bersumber dari sumbangan/hibah dan pembelian.

Laman Perpustakaan Gedung Merdeka: asianafricanmuseum.org

6) Perpustakaan Dispusipda Provinsi Jawa Barat

Perpustakaan Dispusipda Jabar yang berlokasi di Jln. Kawaluyaan Indah III No. 4 Bandung tak hanya memfasilitasi masyarakat yang ingin membaca, tapi juga menyediakan sarana lain yang diharapkan mampu membuat pengunjung lebih nyaman. Seperti, adanya museum pahlawan dan tokoh seniman Jabar serta co-working space dengan gaya kekinian ala perusahaan di Silicon Valley.

Fasilitas buku di perpustakaan ini komplet. Baik untuk tingkat TK maupun mahasiswa dan umum semuanya lengkap.

Laman Perpustakaan Dispusipda Jabar: dispusipda.jabarprov.go.id

7) Bale Pustaka

Perpustakaan ini berlokasi di Jln. Moch. Ramdan No. 18 Bandung.

Ada lebih dari 12 ribu koleksi buku di Bale Pustaka Bandung yang dapat Anda baca. Buku-buku tersebut berasal dari berbagai kategori mulai dari karya umum, filsafat, agama, ilmu-ilmu sosial, bahasa, ilmu-ilmu Murni, teknologi, kesenian, kesusasteraan, sejarah, hingga geografi.

Bahkan, salah satu buku langka, misalnya buku yang berjudul ‘Semerbak Bunga di Bandung Raya’ karya Haryoto Kunto, atau buku atlas keluaran 1932 yang masih menggunakan Bahasa Belanda bisa Anda jumpai di sini.

8. Perpustakan Ajip Rosidi

Sastrawan Ajip Rosidi telah kembali ke haribaan Ilahi pada 29 Juli 2020. Walau begitu ada salah satu warisannya berupa perpustakaan di Jalan Garut, Kota Bandung. Perpustakaan ini merupakan salah satu yang dibangun Ajip di sela hidupnya, selain Perpustakaan Jati Niskala miliknya di Pabelan, Magelang.

Perpustakaan Ajip Rosidi menyimpan sebanyak 40.000 koleksi buku fiksi dan nonfiksi. Di antaranya adalah koleksi buku dan bahan literatur Kebudayaan Sunda, yang mencuatkan nama Ajip sebagai salah seorang budayawan sejati.

Di samping itu, ada juga buku-buku dalam bahasa Jepang, bahasa Belanda, bahasa Jawa, bahasa Bali, bahasa Lampung, bahasa Batak, bahasa Banjar dan lain-lain. Karya-karya sastra terjemahan dalam bahasa Inggris dari berbagai bahasa lain seperti Perancis, Jerman, Spanyol, Italia, Swedia, Cekoslowakia, Turki, Cina, India, Arab, Eslandia dan lain-lain juga cukup banyak.

Laman Perpustakaan Ajip Rosidi: perpustakaanajiprosidi.wordpress.com .

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network