Inilah 6 Sosok Pangkostrad Kelahiran Bandung, Ada Andika Perkasa hingga Dudung Abdurachman

Krina Sembiring
Jenderal TNI Andika Perkasa dan Jenderal TNI Dudung Abdurachman merupakan dua putra kelahiran Kota Bandung yang pernah menduduki jabatan Pangkostrad. (Foto/Setpres)

1. Letjen TNI Leo Lopulisa

Leo Lopulisa merupakan Pati TNI AD pertama kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 23 November 1926 yang berhasil menduduki jabatan Pangkostrad. Dia menduduki posisi Pangkostrad dengan masa jabatan 4 Januari 1975 hingga 19 Januari 1978.

Selama karier militernya, Leo pernah menduduki sejumlah sejumlah jabatan penting. Mulai dari Panglima Kodam II/Bukit Barisan, Panglima Kowilhan III/Sulawesi-Kalimantan, dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina.

2. Letjen TNI Agus Wirahadikusumah

Agus Wirahadikusumah jadi prajurit TNI AD kelahiran Bandung, Jawa Barat berikutnya yang dipercaya mengemban amanat sebagai Pangkostrad. Pria yang lahir pada 17 Oktober 1951 ini menjabat sebagai Pangkostrad periode 29 Maret 2000-1 Agustus 2000.

Lulusan Akademi Militer Indonesia tahun 1973 ini tercatat menamatkan empat pendidikan di Amerika Serika. Mulai dari Airborne, Ranger, Pathfinder (lulus 1981), Infantry Officer Advanced Course di Fort Benning (lulus 1983), Air Assault School di Fort Campbell (lulus 1984), hingga Kennedy school of goverment di Harvard University (lulus 1992).

Setelah Presiden Soeharto mundur, Agus muncul sebagai pembaharu di jajaran TNI. Pada 1997, ketika menjabat sebagai staf ahli bidang politik dan keamanan Panglima TNI, Agus menyerukan agar militer Indonesia untuk menghentikan keterlibatan mereka dalam urusan politik dan menjadi kekuatan pertahanan profesional sebagai gantinya.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network