Dihadapan Mahasiswa UNPAR, Ganjar Sebut Sistem Demokrasi Bisa Merubah Siapapun dalam Politik

Agung Bakti Sarasa
Bakal calon presiden (Bacapres) 2024, Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bakal calon presiden (Bacapres) 2024, Ganjar Pranowo memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Parahyangan (UNPAR) Bandung bertajuk “Dialog Kebangsaan: Peran Pemuda dalam Masa Depan Politik Indonesia” pada Rabu (11/10/2023).

Kedatangan Ganjar Pranowo ini pun disambut meriah oleh ribuan mahasiswa UNPAR. Terlihat, para mahasiswa ini menyambut dengan tepuk tangan dan saut menyaut memanggilnya.

"Pak Ganjar. Pak Ganjar. Pak Ganjar," teriak mahasiswa.

Mengawali pemaparannya, Ganjar Pranowo pun melontarkan pertanyaan kepada mahasiswa yang hadir di Auditorium PPAG UNPAR tersebut.

"Pemuda berpolitik boleh engga?" tanya Ganjar.

"Pernah ga ngopi, nongkrong bahas Indonesia," tanya Ganjar lagi.

Pertanyaan Bacapres Partai Perindo Ganjar Pranowo itu pun dijawab oleh seorang mahasiswi dari Fakultas Hukum.

"Pernah," jawab mahasiswi tersebut.

Lantas, Ganjar pun kembali bertanya untuk menyebutkan permasalahan di Indonesia yang harus segera diselesaikan. 

"Penguasa yang seenak jidat dan penutupan tempat peribadahan," timpal mahasiswi itu.

Ganjar yang dikenal sebagai sosok pemimpin muda, energetik, merakyat, berprestasi, berpengalaman dan family man itu pun lantas memuji jawaban lugas dari mahasiswi tersebut.

"Saya suka bahasa anak muda ini yang lugas. Penguasa yang seenak jidat dan tentang kebebasan beribadah," katanya.

Ganjar memamparkan, berdasarkan data Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tahun 2022, ada sebanyak 35,9 persen anak muda tidak puas dengan sistem demokrasi saat ini.
 
"Anak muda dan politik di Indonesia menurut CSIS (2022) 91,3% anak muda nyoblos di Pemilu 2019. Ada 35,9% anak muda tidak puas dengan sistem demokrasi saat ini, kaya mahasiswa tadi pemerintah seenak jidat," paparnya.

Ganjar mengakui, dirinya pun tidak akan terjun ke dunia politik anda tidak ada peristiwa 1998. 

"Jikalau tidak ada peristiwa 1998, mungkin tidak akan saya jadi gubernur, DPR, orang yang diperhitungkan. Artinya apa? Dalam sistem demokrasi siapapun bisa jadi apapun dalam politik," katanya.

Sementara itu, Rektor UNPAR Periode 2023-2027, Prof. Tri Basuki Joewono mengatakan, UNPAR menjadi perguruan tinggi yang selalu berusaha mengembangkan mahasiswanya menjadi generasi yang unggul.

"Unpar bukan perguruan tinggi yang terbesar atau yang pertama tapi kami meyakini Unpar adalah perguruan tinggi yang berusaha mengembangkan generasi muda sebagai pribadi yang unggul," kata Tri dalam sambutannya.

Menurut Tri, keunggulan tersebut bisa diraih dengan melibatkan langsung mahasiswa ke dalam persoalan dunia.

"Keunggulan tersebut bisa terjadi dengan berinteraksi secara nyata dan mendalam dengan persoalan lingkungan, masyarakat dan persoalan dunia," katanya.

Untuk itu, lanjut Tri, melibatkan generasi muda dalam politik menjadi sesuatu yang penting. Sebab menurutnya, generasi muda atau mahasiswa ini akan menjadi pemain utama di masa yang akan mendatang.

"Maka pemahaman, partisipasi dari mahasiswa ini perlu disiapkan dan difasilitasi," ujarnya.

Tri mengatakan, kegiatan umum ini menjadi ranah nyata untuk pengembangan mahasiswa. Oleh karena itu, pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Ganjar Pranowo yang telah meluangkan waktunya untuk bisa berbagai pengalaman dengan mahasiswa UNPAR.

"Terima kasih kepada Ganjar Pranowo seorang tokoh yang telah memiliki pengalaman dan pemahaman yang sangat memadai dalam dunia politik dan demokrasi indonesia, terima kasih telah hadir untuk berbagai pengalaman dan berbagai cita-cita," tuturnya.

"Pengalaman tersebut diharapakan dapat menjadi inspirasi para mahasiswa untuk terlibat secara nyata dengan pemahaman yang benar dan baik," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network