Mahasiswa Bandung Beri Rapor Merah untuk Jokowi, Tuntut Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM

Aqeela Zea
Mahasiswa dari berbagai kampus di Bandung menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Jawa Barat. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sekelompok mahasiswa dari berbagai kampus di Bandung menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat (20/10/2023).

Dalam aksi kali ini, mereka memberikan rapor merah terhadap situasi Hak Asasi Manusia (HAM) di tahun kesembilan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami turun lagi ke jalan karena ini adalah sebagai aksi lanjutan dari September Hitam, dengan tajuk aksi yang besar yaitu Rapot Merah 9 Tahun Jokowi," ucap koordinator lapangan aksi yang juga Presiden Mahasiswa Unisba, Muhammad Ramdan Suryana.

Ramdan mengatakan, ada delapan tuntutan yang dibawa dalam aksinya kali ini. Pertama, menuntut Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) untuk melakukan pemeriksaan terhadap Hakim Mahkamah Konstitusi terkait adanya dugaan Conflict of Interest dalam memutus perkara nomor 90/PUU-XXI/2023.

Kedua, mendesak Presiden Jokowi agar tetap netral dan tidak menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politiknya. Ketiga, menuntut Presiden Jokowi untuk melakukan penegakan hukum terhadap semua insiden kekerasan dan pelanggaran HAM yang melibatkan aparat kepolisian.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network