Kategori kesehatan dan kecantikan menghadirkan berbagai ragam produk perawatan kulit, essential oil, hand & body Lotion, shampoo bar, reed diffuser, lilin aromaterapi, jamu kemasan dan sabun herbal. Lebih banyak lagi pilihan produk hadir dari kategori makanan dan minuman dalam kemasan khas dari berbagai daerah antara lain bakpia khas Jogja, pempek Palembang hingga telur asin Brebes.
Banyak pula pilihan cemilan rumput Laut, kue kering, opak, rengginang, dan keripik pisang, sementara minuman dalam kemasan dihadirkan produk kopi, yoghurt, dan teh daun kelor. Dan tentu masih banyak lagi pilihan produk inovatif karya UMKM pilihan dari para pelaku UMKM mitra binaan Bio Farma, Kimia Farma dan Indofarma.
Bazar tersebut memberikan kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas, memperluas pasar UMKM untuk menembus konsumen yang lebih luas dengan membawa produk-produk unggulan yang mengusung kearifan lokal wilayahnya masing-masing serta dengan kualitas yang mampu bersaing. Kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia tertuang dalam produk kreatif yang dihasilkan para UMKM.
Kegiatan bazar UMKM Untuk Indonesia diselenggarakan Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023 yang diikuti UMKM binaan berbagai BUMN secara bergiliran sepanjang tahun 2023, dengan melibatkan 1.083 UMKM yang berpartisipasi dalam Bazar baik secara offline dan online.
Kegiatan terbuka untuk umum, Bazar UMKM Untuk Indonesia disemarakkan dengan rangkaian kegiatan Demo Produk, Fun Games, Trivia Quiz berhadiah, pertunjukan musik, Workshop Merajuk Boneka, dan Talkshow Kesehatan bersama dr Gia Pratama Putra.
Editor : Zhafran Pramoedya
Artikel Terkait