Gempa Sumedang, Kementerian PUPR Pastikan Twin Tunnel Tol Cisumdawu Aman

Agus Warsudi
Twin tunnel Tol Cisumdawu dipastikan aman dilintasi. Tidak terjadi keretakan akibat gempa Sumedang. (FOTO: ISTIMEWA/Kementerian PUPR)

BANDUNG, iNewsBandungRaya - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan twin tunnel atau terowongan kembar Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) aman, tidak terdampak 4 kali gempa bumi mengguncang Kabupaten Sumedang. Informasi di media sosial (medsos) yang menyebutkan twin tunnel retak, tidak benar alias hoaks.

Pejabat Fungsional Utama Bidang Jalan dan Jembatan Kementrian PUPR Achmad Gani mengatakan, di dalam twin tunel terdapat sambungan-sambungan segmen dinding terowongan. Jadi bukan retak akibat gempa bumi seperti yang beredar di medsos.

"Saya tegaskan twin tunnel itu tidak berbahaya untuk dilintasi. Laporan soal keretakan itu, sebenarnya bukan keretakan tapi bentukan dari segmen-segmen saat pembangunan," kata Achmad Gani kepada wartawan di RSUD Sumedang, Selasa (2/1/2024).

Achmad Gani menyatakan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah menyampaikan kondisi twin tunnel Tol Cisumdawu bukan keretakan, melainkan segmen-segmen sambungan saat pembangunan.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network