Kaya Penyajian Data saat Debat Cawapres, Pakar Komunikasi Beri Mahfud Nilai 8

Rizal Fadillah
Pakar komunikasi, Prof Rachmat Kriyantono. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pakar komunikasi, Prof Rachmat Kriyantono memberikan nilai 8 kepada Cawapres 2024 nomor urut 3, Mahfud MD saat tampil dalam debat cawapres kedua, pada Minggu (21/1/2024) malam.

Menurutnya, Mahfud MD mampu menyampaikan gagasan, baik berupa program-program ke depan, maupun kritik terhadap kinerja pemerintah sekarang, termasuk menyampaikan data kuantitatif.

“Debat Cawapres kemarin memang lebih kaya penyajian data dibanding debat cawapres yang pertama. Dari aspek logos (rasionalitas pesan dalam berdebat), Prof Mahfud lebih unggul, karena mampu menyampaikan rasionalitas gagasan yang lebih baik disertai data,” ucap Prof Rachmat dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024). 

Guru Besar Ilmu Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (Unibraw) ini menilai, Mahfud MD mampu menyampaikan gagasan secara lebih membumi dengan menyampaikan pengalaman-pengalaman nyata yang dilakukan sebelum ini.

Selain itu, Mahfud MD juga tampak lebih memiliki kesinambungan key-message, mulai opening speech hingga closing statement. Dalam hal ini mengangkat isu kerusakan akibat salah kelola sumber daya alam (SDA) maupun lingkungan hidup. 

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network