Pro Kontra Kebijakan Tapera, Ini Solusi PKS ke Pemerintah Atasi Masalah Perumahan

Abbas Ibnu Assarani
Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suandharu. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Ketua DPW PKS Jawa Barat Haru Suandharu ikut mengomentari program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Menurut Haru, kebijakan Tapera terkesan sangat dipaksakan dan justru membebani masyarakat. Di Tengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan, dan mahalnya harga kebutuhan pokok saat ini, Pemerintah justru merencanakan kebijakan yang tidak menyasar permasalahan itu.

“Menurut saya kebijakan ini kurang tepat. Di Tengah situasi yang berat dimana keluhan masyarakat terutama tentang tingginya harga sembako dan sulitnya lapangan pekerjaan, pemerintah malah membuat kebijakan Tapera,”kata Haru dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/6/2024).

Padahal dikatakan Haru jika pemerintah berniat memberikan bantuan untuk masyarakat sehingga masyarakat dapat memiliki hunian yang layak, kebijakan bantuan rumah dengan skema investasi dengan melibatkan BUMN dan Surat Utang Negara (SUN) untuk membangun Perumahan Rakyat (Perumnas) menjadi alternatif langkah yang bisa dilakukan ketimbang memaksakan Tapera.

“Pemerintah bisa mengeksplorasi kebijakan lain, misalnya dengan skema investasi yang melibatkan BUMN, SUN, untuk membangun perumahan rakyat seperti Perumnas pada masa sebelumnya. ASN yang memerlukan rumah bisa dipermudah, begitu juga dengan karyawan swasta bahkan masyarakat berpenghasilan tidak tetap,”jelasnya.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network