Thailand Pimpin Industri Kesehatan dan Kecantikan di Pasar Asia Tenggara

Rizal Fadillah
Direktur Thai Trade Center Jakarta, Mrs Hataichanok Sivara. (Foto: Ist)

Pada 2022, menurut catatan Grand View Research, pasar pariwisata medis global bernilai USD 115,6 miliar dan diperkirakan akan mencapai USD 346,1 miliar pada 2032. Faktor pendorong utama pertumbuhan ini adalah meningkatnya beban penyakit, kemajuan teknologi medis, ketersediaan perawatan yang tidak tersedia di negara asal, dan biaya yang lebih murah.

Nilai pasar pariwisata kesehatan global pada 2021 mencapai USD 850,55 miliar dan diperkirakan akan tumbuh menjadi USD 2,1 triliun pada 2030. Tren ini didorong oleh peningkatan kesadaran akan kesehatan dan kebugaran serta permintaan akan produk dan layanan yang mendukung gaya hidup sehat.

Industri Kesehatan dan Kecantikan di Thailand

Industri kesehatan dan kecantikan di Thailand sedang mengalami pertumbuhan pesat, memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara. Dikenal karena perawatan medisnya yang maju namun terjangkau, Thailand telah menjadi tujuan utama untuk pariwisata medis. 

Pada 2023, sektor kesehatan negara ini mengalami pertumbuhan substansial, didorong oleh meningkatnya permintaan untuk layanan medis berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan negara-negara Barat.

Skema Cakupan Universal memainkan peran penting, dengan pemerintah mengalokasikan sekitar 207 miliar Baht Thailand pada 2023 untuk mendukung layanan kesehatan.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network