Ini Panantang Bupati Bandung: Sosok Muda, Surveynya Lebihi Incumbent Dadang Supriatna

Ude D Gunadi
Calon Bupati Bandung dari PDIP Mochamad Lutfi Hafiyyan

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID – Calon bupati Bandung Mochamad Lutfi Hafiyan, Spt. diprediksi akan menjadi penantang incumbent yang kini menjadi Bupati, Dadang Supriatna atau biasa dipanggil DS. Calon bupati dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu memiliki survey tinggi, setidaknya berdasarkan survey SMRC (Saiful Mujani Research and Conculting) periode 23-28 Juni 2024.

Direktur Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (Elsid) Dedi Barnadi mengatakan, Lutfi bahkan dalam survey tersebut telah dibuatkan simulasi berpasangan dan berhadapkan dengan incumbent Dadang Supriatna dan calon wakilnya. Survey dilakukan SMRC pada periode tersebut dengan jumlah sampel sebanyak 410 orang, menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Margin of eror diperkirakan kurang-lebih sebesar 5 persen.

Dedi mengatakan, pasangan calon bupati dan wakil bupati Sahrul Gunawan dan Lutfi Hafiyyan menjadi pasangan dengan survey tertinggi, dibandingkan pasangan Dadang Supriatna dan Gungun Gunawan atau Dadang Supriatna dan Asep Ikhsan.

“Simulasi surveynya Sahrul Gunawan-Lutfi Hafiyyan secara head to head dengan pasangan Dadang Supriatna dan Gun Gun Gunawan, serta Sahrul-Lutfi versus Dadang Supriatna-Asep Ikhsan. Hasilnya Sahrul-Lutfi tetap yang tertinggi. Ini berdasarkan hasil survey SMRC bulan Juni 2024 kemarin,” kata Dedi kepada inews Bandung Raya di Bandung, Jumat (12/7/2024).

Ia menjelaskan, dalam survey tersebut  simulasi Sahrul Gunawan-Lutfi Hafiyyan mendapatkan angka 57,3 persen, sementara Dadang Supriatna-Gun Gun Gunawan sebesar 41 persen. Pada simulasi lain, survey Sahrul Gunawan-Lufti Hafiyan meraih 58,7 persen sedangkan Dadang Supriatna-Asep Ikhsan  39,6 persen,” kata Dedi.

Unggulnya pasangan Sahrul dan Lutfi, lanjut Dedi, diprediksi karena trend pemimpin muda di masyarakat sebagai dampak dari kemenangan kepemimpinan Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Dimana Gibran merupakan sosok dari pemimpin muda. Efek kemenangan ini  menjadi trend positif bagi Pilkada 2024. Kepemimpinan muda akan disenangi dan dipilih masyarakat karena masyarakat merindukan perubahan yang lebih riil dan berdampak positif,” kata Dedi.

Dedi yakin pasangan Sahrul Gunawan dan Lutfi Hafiyan akan mendapat respon positif di masyarakat sebagai kepemimpinan muda yang sangat dirindukan untuk melakukan perubahan. Lutfi saat ini merupakan anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Fraksi PDIP dan berusia 30 tahun.

Sebagai pengusaha muda, kini ia menjadi pengelola pasar SIUPI Cicalengka Kabupaten Bandung. Ia juga menjadi salah satu owner pengeloa pasar tersebut, pasar yang menjadi percontohan karena kebersihan dan ketertibannya. Pasar ini pernah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada masa kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan. ***

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network