Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2024 dan Keutamaannya

Rizal Fadillah
Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2024. (Foto: Pixabay)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Bulan Muharram memiliki hari-hari yang sangat mulia bagi umat Islam. Di antaranya, ada dua amalan khusus yang sangat dianjurkan, yaitu puasa pada hari Tasua dan Asyura, atau puasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Amalan ini memiliki dasar yang jelas dari hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a.

“Bahwa orang-orang Quraisy pada zaman Jahiliah sudah melakukan puasa Asyura. Kemudian, Rasulullah SAW memerintahkan agar tetap melaksanakan puasa Asyura hingga diwajibkannya puasa Ramadan. Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang ingin melakukan puasa Asyura, silakan, dan barang siapa yang tidak ingin melakukannya, silakan berbuka,” bunyi hadis tersebut.

Hadis lain yang diriwayatkan Ibu Abbas r.a. menyebutkan dasar puasa Tasua.

“Bahwa ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura dan menyuruh para sahabat juga berpuasa, mereka berkata Wahai Rasulullah, hari Asyura itu adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Maka Rasulullah SAW bersabda Kalau demikian, Insya Allah tahun depan kita berpuasa [juga] pada hari yang kesembilan,” bunyi hadis tersebut.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network