Pengamat: Secara apple to apple, Popularitas Ali Syakieb Belum Bisa Tandingi Sahrul Gunawan

Ude D Gunadi
Dadang Supriatna saat terima surat rekomendasi dari Partai Gerindra. (Foto: Ist)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Pengamat politik Universitas Padjdjaran (Unpad) Firman Manan menilai Pilkada Kabupaten Bandung 2024 bakal sengit.

Pertarungan Bupati Dadang Supriatna dan wakilnya Sahrul Gunawan, serta munculnya artis sinetron Ali Syakieb membuat Pilkada Kabupaten Bandung bakal seru.

"Pilkada Kabupaten Bandung akan menarik perhatian publik," kata Firman Manan, kemarin. Menurutnya, seperti yang diperkirakan sebelumnya, Bupati Dadang Supriatna akan mengambil calon wakilnya dari kalangan artis.

Namun hal itu dinilai tidak cukup karena sosok wakil yang dipinang Dadang Supriatna harus memberikan keuntungan dari berbagai sisi, baik itu basis masa, basis pemilih, maupun dukungan logistik yang memadai.

‘’Jadi pendampingnya nanti tidak cukup dengan popularitas saja, tapi juga kemampuan logistik,’’ kata Firman.

Sementara itu, menanggapi pengusungan Ali Syakieb sebagai calon wakil Bupati pendamping Dadang Supriatna, Direktur Jamparing Institut Dadang Risdal Aziz turut angkat bicara. Risdal menilai pengusungan Ali menjadi Bakal Calon Wakil Bupati Bandung oleh koalisi Bandung Bedas didasari oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu mencari profil yang setingkat dengan calon lawannya yaitu Sahrul Gunawan.

Hal yang mendasari pengusungan Ali Syakieb oleh koalisi bedas adalah mereka membutuhkan profil yang dianggap sepadan dan setingkat popularitasnya dengan calon lawan yaitu Sahrul, yang dulunya artis yang memang sudah banyak dikenal dan memiliki popularitas yang tinggi," kata Risdal kepada wartawan, Kamis (18/7/2024).

Ali Syakieb sebelumnya diumumkan oleh Partai Gerindra sebagai cal on wakil Bupati pend amping Dadang Supriatna. Penyerahan Surat keputusannya dilakukan di ruang kerja Ketua DPRD Jawa Barat, yang juga Ketua DPD Par tai Gerindra Jabar.

Risdal melihat sosok Ali Syakieb masih diragukan dan terbilang belum matang untuk bersaing dengan Sahrul Gunawan. Terlebih jika berbicara tentang wawasan dan pengetahuan geografi dan topografi di Kabupaten Bandung.

Selain itu, kata Risdal, secara popularitas Ali Syakieb jauh di bawah Sahrul. Terlebih Sahrul memiliki privilege dengan posisinya sebagai Wakil Bupati Bandung.

"Secara apple to apple belum bisa disamakan stratanya. Popularitas Sahrul di Kabupaten Bandung cukup tinggi, dari pengalaman berpolitik pun Sahrul jauh di atas Ali. Sebelumnya jadi wakil bupati, Sahrul sudah terjun di dunia politik," tutur Risdal.

Sebagaimana diketahui, Ali Syakieb pernah mencalonkan menjadi anggota DPR RI pada pemilu 2024 dari dapil Kota/Kabupaten Tasikmalaya Dan Kabupaten Garut. Ali Syakieb yang mencalonkan dari PDIP gagal menjadi anggota dewan para Pi leg tersebut.***

Editor : Ude D Gunadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network