Museum Topeng Cirebon Jadi Wisata Edukasi, Ada 100 Koleksi Topeng Bersejarah

Rizal Fadillah
Museum Topeng Cirebon. (Foto: Ist)

CIREBON, iNewsBandungRaya.id – Museum Topeng Cirebon yang terletak di Kawasan Balai Kota Cirebon resmi dibuka. Di museum ini terdapat 100 lebih karakter topeng yang menggambarkan wawasan mendalam tentang seni serta filosofi Tari Topeng yang merupakan ikon budaya Cirebon.

Penjabat Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, kehadiran Museum Topeng Cirebon ini merupakan wujud komitmen Pemkot Cirebon untuk melakukan pemajuan kebudayaan sesuai dengan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan.

“Museum ini tidak hanya sebagai tempat penyimpanan koleksi topeng, tetapi juga sebagai wahana edukasi sejarah dan kebudayaan bagi masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat lebih memahami dan menghargai kekayaan budaya yang ada,” ucap Agus dalam keterangannya, Sabtu (7/9/2024).

Agus menyebut, dipilihnya Balai Kota Cirebon juga menjadi wujud komitmen Pemkot Cirebon untuk mengembalikan fungsi bangunan cagar budaya agar tidak sekadar menjadi peninggalan sejarah. Lebih dari itu, bisa dimanfaatkan lebih luas oleh masyarakat.

“Balai Kota Cirebon kami jadikan tempat untuk Museum Topeng agar fungsi cagar budayanya tetap terjaga tanpa merusak nilai sejarah bangunan tersebut,” jelasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network