Rasakan Manfaat Kartu Tani Sibedas, Wawan Gunawan Harap Program Bupati Bandung Dilanjutkan

Rizal Fadillah
Wawan Gunawan, petani di Desa Ciporeat, Kampung Ciwarung, Kabupaten Bandung. (Foto: Ist)

Untuk diketahui, Bupati Bandung, Dadang Supriatna meluncurkan Kartu Tani Sistem Bertani Dengan Agro Solution (Sibedas) yang merupakan salah satu solusi untuk membangkitkan semangat para petani.

“Kita bekerja sama dengan Bjb, bentuknya berupa kartu ATM yang bisa difungsikan sebagai kartu transaksi. Insyaa Allah Kartu Tani Sibedas ini akan lebih bermanfaat, dengan tujuan akhir untuk mensejahterakan para petani di Kabupaten Bandung,” ucap Dadang, Kamis (22/7/2024).

Menurutnya, kartu tersebut memiliki beberapa manfaat, salah satunya yaitu untuk mendukung Program Sibedas. Sibedas merupakan program kerja sama dengan PT Pupuk Kujang dan PT Pupuk Indonesia Pangan.

Kerja sama itu meliputi penyediaan dan pendistribusian pupuk hingga ke tingkat petani, memberikan akses permodalan, bimbingan teknis (bimtek), akses terhadap asuransi dan memberikan jaminan off-taker hasil panen kepada petani.

Selain itu, juga untuk memberikan bantuan teknis berupa produk agro-input berkualitas, baik itu pupuk, benih, pestisida dan juga memberikan pendampingan teknologi, bimbingan teknis dan pelaksanaan monitoring melalui teknologi digital.

“Kartu Tani Sibedas juga diperuntukkan bagi petani penerima hibah pupuk organik, dan sebagai alat transaksi serta akses permodalan. Jadi intinya memudahkan para petani saat ada program dari Pemkab Bandung. Misalkan ada program menanam pora, modal kerjanya itu masuk ke rekening,” imbuhnya.

Editor : Rizal Fadillah

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network