Brigez Indonesia Dorong Pemuda Aktif Berpartisipasi dalam Pilkada 2024

Rina Rahadian
Brigez Indonesia bersama KPU Jabar mengadakan acara Sosialisasi Pendidikan Pemilih untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Foto: Ist.

Keuntungan Pemilihan Serentak

Dalam pemaparan materi oleh Ketua Dewan Pakar Brigez, Arif Hamid Rahman membahas mengenai efektivitas pemilihan serentak. Menurutnya, pemilihan serentak tidak hanya efisien dari segi waktu dan biaya, tetapi juga dapat mengurangi potensi konflik di masyarakat. 

"Saat pemilu digelar serentak, masyarakat dapat memilih wali kota, bupati, dan gubernur dalam satu waktu. Ini menghemat anggaran dan meminimalkan bentrokan sosial yang sering terjadi akibat perbedaan pilihan politik," kata Arif.

Arif menambahkan bahwa tren pemilih saat ini cenderung memilih figur yang lebih dikenal daripada partai politik yang mendukungnya. Oleh karena itu, penting bagi pemilih untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang calon yang akan dipilih, agar proses demokrasi berjalan dengan baik dan berintegritas.

Sementara itu, Ketua Akademi Pemilu dan Demokrasi Kabupaten Bandung, Trio Hamdoni menyampaikan, materi tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu. 

Ia menekankan tiga tahapan penting dalam persiapan pemilu serentak, yaitu penetapan pemilih tetap, logistik, dan masa kampanye. 

Editor : Zhafran Pramoedya

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network