Elektabilitas Dedi Mulyadi Moncer, Pakar: Faktor Endorsement Prabowo Luar Biasa

Agus Warsudi
Hasil survei Indikator Politik Indonesia. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Elektabilitas pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (,Cagub-Cawagub) Jawa Barat Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan moncer di angka 75,7 persen. Pakar menilai, tingginya elektabilitas Dedi-Erwan itu dipengaruhi faktor Endorsement Prabowo Subiyanto yang luar biasa.

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indoneisia pada 3-12 Oktober 2024 lalu, elektabilitas Dedi-Erwan 75,7 persen jauh di atas paslon lain. Pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie 13,8 persen, Acep Adang-Gitalis 4,2 persen, dan Jeje-Ronald 2,7 persen.

"Ada beberapa faktor, salah satunya faktor endorsement Prabowo yang luar biasa. Seperti di tahun 2018, Sudrajat-Syaikhu atau pasangan 'Asik' juga diendorse Prabowo dengan tagline 2019 ganti presiden. Gerindra dan PKS all out dan Jabar selalu memenangkan Prabowo. Sekarang giliran Demul diendorse Prabowo," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei, Senin (14/10/2024).

Pendapat itu diamaini oleh Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan. Menurut Djayadi, endorsement Prabowo menjadi salah satu faktor penyebab moncernya elektablitas Dedi Mulyadi. 

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network