Sumedang Sukses Gelar LLA XXIX se-Jabar dan Bali

Rizal Fadillah
Lintas Alam XXIX Se-Pulau Jawa dan Bali. (Foto: Ist)

SUMEDANG, iNewsBandungraya.id - Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Kemenpora RI mewakili Menteri, Amar Ahmad mengapreasi gelaran Lomba Lintas Alam XXIX Se-Pulau Jawa dan Bali telah sukses diselenggarakan oleh Ambalan Soeriaatmadja - Dewi Sartika Gugus Depan SMA Negeri 1 Sumedang pada, Minggu (13/10/2024).

"Kemenpora sangat mengapresiasi kegiatan positif seperti ini dan memberikan selamat kepada Sumedang yang telah secara Bersama-sama menyelenggarakan hajat akbar ini. Harapan kami, agar adik-adik ini menjadi generasi yang lebih baik ke depan, karena itu kegiatan positif apa pun, kegiatan berorganisasi, kegiatan pramuka, harus menjadi bagian dari kegiatan belajar mereka selama sekolah," tutur Amar.

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Barat yang diwakili oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, menyampaikan bahwa kegiatan ini menunjukkan kelompok yang menjadi kesatuan, mencintai ekologi dan ekosistem serta dekat dengan alam, dengan sang Pencipta dan kepada sesama.

PJ Bupati Sumedang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Dian Sukmara, menambahkan, persatuan tanpa memperhatikan latar belakang, namun mengedepankan persahabatan, perdamaian, dan kesejahteraan yang berkelanjutan merupakan nilai dasar yang dianut oleh Gerakan Pramuka. 

"Pemuda sebagai penyokong utama pembangunan bangsa menjadi agen penting menumbuh-kembangkannya. Marilah dengan kegiatan pramuka ini, kelak kalian menjadi pemimpin bangsa. Agar memiliki bekal, pemahaman yang cukup, mengenal rasa kebhinekaan," tambah Dian.

Adi P Nugroho, Ketua Baduga Sumedang, sebuah komunitas sosial di Kabupaten Sumedang memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan Lomba Lintas Alam oleh Ambalan Soeriaatmadja - Dewi Sartika Gugus Depan SMA Negeri 1 Sumedang. 

"Baduga Sumedang selalu berupaya mendukung setiap kegiatan positif yang bersifat secara komunal dengan prinsip 4 Pilar Sodaqoh 'harta, harti, budi, tanagi' sebagai pengejawantahan upaya gotong royong dalam rangka bermasyarakat dan bernegara. Kami berharap kegiatan ini dapat terus menjadi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan keterampilan, karakter, dan rasa cinta terhadap alam," tegas Adi.

Setelah hiatus selama 4 tahun, kegiatan ini tetap ditunggu-tunggu oleh para pelajar, dibuktikan dengan sebanyak 228 regu pendaftar yang terdiri dari 1.140 yang terdiri dari anggota pramuka maupun komunitas sekolah lainnya dari berbagai kabupaten/kota se-pulau Jawa dan Bali, menjadikan ajang ini sebagai acara tahunan terbesar di Kabupaten Sumedang bagi Para Pelajar dalam mengasah kreativitas, kekompakan, dan cinta terhadap lingkungan.

Para peserta Lomba Lintas Alam (LLA) harus melewati rute sepanjang 14 kilometer, terbagi sebanyak 5 pos, yang terbentang di wilayah Kecamatan Sumedang Selatan, dengan berbagai tantangan medan seperti hutan, sungai, bukit, dan pemukiman. Selain menguji fisik dan ketahanan mental, kegiatan ini juga melaksanakan penanaman pohon dan para peserta diajak untuk lebih mengenal bentang alam setempat serta belajar bagaimana menjaga dan melestarikannya.

Salah satu elemen penting di balik suksesnya acara ini adalah dukungan penuh dari Pemda Kabupaten Sumedang, Pemprov Jawa Barat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Polres Sumedang, Kodim 0610 Sumedang dan instansi pemerintah lainnya, juga komunitas Baduga Sumedang dan para sponsor kegiatan yang berperan sebagai mitra sentral dalam mendukung berbagai bentuk kegiatan di Kabupaten Sumedang, termasuk dalam kegiatan LLA XXIX SMAN 1 Sumedang.

Dalam kesempatan ini Ketua pelaksana, Risqi Assayyidan menyampaikan rasa syukurnya atas suksesnya acara ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menjadi langkah awal bagi generasi muda untuk lebih mencintai dan menjaga lingkungan," ujar Risqi.

Tak lupa Risqi menyampaikan terima kasih bahwa kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat kolaborasi multipihak dari para instansi pemerintah, komunitas serta alumni dan Civitas Akademik SMAN 1 Sumedang. 

Pada LLA kali ini memperebutkan Piala Bergilir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ketua Saka Wanabhakti dan Saka Kalpataru, Gubernur Jawa Barat, Ketua Koni Jawa Barat, Ketua Kwarda Jawa Barat, Bupati Sumedang, Kapolres Sumedang, Dandim 0610 Sumedang, DPRD Sumedang dan piala Kwarcab Sumedang. 

Baduga Sumedang memberikan kontribusi besar dalam penyelenggaraan lomba ini. Dukungan yang diberikan mencakup penyediaan sumber daya, logistik, hingga pendampingan teknis selama kegiatan berlangsung berkolaborasi dengan para pelajar panitia dan tentunya para Alumni dan civitas akademika SMAN 1 Sumedang. 

"Dengan kerja sama yang kuat ini, lomba lintas alam berhasil terlaksana dengan lancar dan penuh makna," pungkas Adi.

Dengan berakhirnya lomba lintas alam ini, seluruh peserta kembali ke daerah masing-masing dengan membawa pengalaman baru serta semangat kebersamaan yang semakin kuat, siap untuk terus berkiprah sebagai generasi muda yang tangguh dan peduli terhadap lingkungan. Komitmen panitia selanjutnya adalah untuk mempersiapkan diri dalam menyusun kegiatan LLA selanjutnya

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network