Kompetisi Paduan Suara ‘IBCF’ 2024 Resmi Dibuka di Unpar

Abbas Ibnu Assarani
Pembukaan International Bandung Choral Festival (IBCF) yang keempat di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, Kamis (17/10/2024) malam. (Foto:Istimewa)

"Kami bahkan menyelenggarakan kompetisi untuk kategori anak-anak, remaja hingga dewasa, serta memberikan ruang bagi senior choir. Semua kategori ini memungkinkan berbagai kelompok paduan suara menunjukkan kemampuan mereka," tambah Tommyanto.

Festival melibatkan juri-juri berkelas dunia, di antaranya Sencia Sanon dari Italia, Jean-Baptiste dari Prancis, Dr. Paul Head dari Amerika Serikat, serta Dr. Edman Giat dari Filipina. Tak ketinggalan, juri dari Indonesia, Budi Prabowo dan Dina Primasti, ikut andil dalam memberikan penilaian.

"Adanya juri dari berbagai negara ini penting untuk memberikan penilaian yang fair dan membantu para peserta memahami standar internasional. Kami ingin agar mereka bisa membandingkan dan meningkatkan kualitas penampilan mereka di kancah dunia," kata Tommyanto.

IBCF bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga menjadi media pembentukan karakter generasi muda. Ia menekankan, paduan suara mengajarkan banyak hal kepada para peserta, mulai dari disiplin, kerja sama, hingga toleransi terhadap sesama anggota.

"Paduan suara itu tidak hanya tentang bernyanyi. Ini adalah sarana untuk membentuk karakter yang kuat. Penyanyi harus disiplin, harus bisa bekerja sama, dan harus bisa mengikuti arahan. Ini adalah keterampilan hidup yang sangat penting bagi generasi muda," jelasnya.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network