Cabup Deden Nasihin: Kolaborasi Pariwisata-UMKM, Ciptakan Ekosistem Pertumbuhan Ekonomi dari Bawah

Agus Warsudi
Cabup Cianjur nomor urut 3 Deden Nasihin foto bersama pelaku UMKM peserta pelatihan di Ciranjang, Kabupaten Cianjur. (FOTO: ISTIMEWA)

CIANJUR, iNewsBandungRaya.id - Calon Bupati (Cabup) Cianjur Deden Nasihin mengatakan, dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), negara harus hadir dari hulu sampai hilir. Kolaborasi antara pariwisata dan UMKM harus terjalin hingga menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi dari bawah.

Pernyataan itu disampaikan Deden Nasihin yang akrab disapa Kang Denas disela-sela menghadiri pelatihan bagi pelaku UMKM di Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Sabtu (19/10/2024).

"Dalam memajukan UMKM, pemerintah harus hadir dari hulu sampai hilir, dari pertama mempersiapkan pelatihan guna meningkatkan skill (keahlian) para pelaku UMKM, akses permodalan, juga, bagaimana memasarkan produk, sekaligus menciptakan ekosistem," kata Kang Denas.

Cabup Cianjur nomor urut 3 yang diusung Partai Golkar dan PKS serta diusung Partai Perindo itu, mencontohkan, UMKM di Yogyakarta dan Garut hidup, karena objek wisatanya bagus. Maka, kolaborasi antara pariwisata dan UMKM, sangat membantu bagi pemasaran produk UMKM.

"Dalam program kami (pasangan Cabup-Cawabup Cianjur Deden Nasihin-Efa Fatimah), satu, memberikan bantuan (modal) Rp50 juta bagi UMKM. Kedua pelatihan gratis dari pertama pendirian UMKM sampai bagaimana memasarkan produk UMKM secara digital dengan promo ongkos kirim (ongkir) untuk seluruh produk UMKM Cianjur. Ketiga UMKM disinergikan dengan program-program pemerintah," ujarnya.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network