LLDIKTI Wilayah IV Ajak PTS Tangani Sampah di Bandung

Abbas Ibnu Assarani
Deklarasi penanganan sampah di Kota Bandung yang diinisiasi LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Senin (21/10/2024). (Foto:Istimewa)

"Intinya kami ingin lebih membumi, berupaya terus menerus membumikan perguruan tinggi. Dan ini merupakan zona integritas yang sesungguhnya," kata Samsuri.

Kegiatan ini pun akan dievaluasi setiap satu minggu, bulan dan satu tahun ke depan. Dirinya berharap imbal baliknya pemerintah memperhatikan pengembangan perguruan tinggi itu sendiri.

Terkait penandatanganan deklarasi penanganan sampah di Kota Bandung, yang diwakili Telkom University, Itenas, dan LLDIKTI IV, kata Samsuri akan memetakan PTS yang bertanggung jawab dalam penanganan sampah di setiap kelurahan yang ada di Kota Bandung.

Mahasiswa yang terjun langsung pun akan diberikan nilai kuliah, dikonversi dalam SKS, sebagai bagian dari problem solving isu sentral di masyarakat. Jadi deklarasi tersebut, kata Samsuri merupakan deklarasi bersama, dan harus dilakukan aksi nyata.

"Saya setuju dengan Pak Pj Gubernur, deklarasi ini jangan hanya menjadi pajangan saja tetapi harus ada aksi nyata. Indikasinya jumlah sampah yang dibuang dari Kota Bandung ke TPA harus berkurang. Setidaknya dalam satu bulan berkurang 50 persen. Pasalnya sampah organiknya sudah dimanfaatkan," pungkasnya.

Sementara itu Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa penanganan sampah merupakan tanggung jawab bersama, dan kampus merasa terpanggil.

Editor : Abdul Basir

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network