12 Wisata Kuliner Kaki Lima Paling Hits di Bandung, Wajib Dicoba!

Rizal Fadillah
.
Senin, 15 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi wisata kuliner kaki lima di Bandung. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Untuk Anda yang sedang mencari wisata kuliner kaki lima di Bandung, berikut kami informasikan tempat yang paling hits dan wajib dicoba.

Jika mengunjungi Bandung, jangan hanya mengunjungi wisata alamnya saja. Anda juga kudu mencoba wisata kuliner yang ada di Kota Kembang ini.

Selain tempatnya yang hits, wisata kuliner kaki lima di Bandung ini juga memiliki cita rasa yang nikmat dan bikin ketagihan.

Terdapat beragam pilihan hidangan kuliner menarik yang tersebar di Bandung ini.

Karena itu, tak afdol rasanya jika Anda berkunjung ke Bandung tanpa mencicipi makanan khas tempat wisata kuliner kaki lima yang disedikan di kota ini.

Berikut ini 12 rekomendasi tempat wisata kuliner kaki lima enak yang ada di Bandung, dirangkum dari beberapa sumber:

1. Cireng Cipaganti

Jajanan yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan kanji ini memang sudah menjadi makan yang di buru oleh pembeli warga kota Bandung. Tidak hanya murah makanan ini juga memiliki tekstur yang kenal dengan rasa yang gurih. Tak hanya itu saja, cireng yang di jual di tempat ini juga menyediakan isiang yang beragam seperti kornet, sosis, keju dll. Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai dari jam 13:00-21:30 WIB.

2. Bubur ayam Gibbas

Bubur ayam Gibbas terletak di jalan Kebon Jati 187, Bandung. Sajian hangat ini menyediakan topping yang melimpah, sehingga pembeli merasa puas, kenyang dan enak dengan hidangan satu ini.

3. Zona merah

Hidangan kuline satu ini jangan sampai Anda lewatkan jika berkunjung ke kota Bandung yaitu Zona merah. Menu makanan segambreng pun ada di tempat ini dan pastinya menggugah selera untuk di santap. Bagi Anda penyuka pedas cobalah untuk memeasan orek mercon yang pastinya makan Anda menjadi lebih bersemangat. Kuliner satu ini terdapat tepat di Jl. Sukajadi No.57, Bandung dan buka mulai jam 04;00 subuh (WIB). Tempat ini sudah menjadi rekomendasi para youtuber kuliner Indonesia sepert Nex Carlos dan Magdalena.

4. Sate Hadori

Letak kuliner ini berada di Ruko MTC, Jl. Soekarno Hatta No.590, Sekarjati , Kec. Buah Batu , Bandung. Terdapat pilihan menu sate seperti sate kambing, ayam dan sapi. Tempat ini terkenal legendaris di kota Bandung. Hal itu dikarenakan sudah berdiri sejak tahun 1952.

5. Seafood Kiloan Bang Opak

Bagi Anda pecinta kuliner seafood laut, jangan lupa untuk mampir mencicipi hidangan lezat yang terdapat di kota Kembang ini. Terdapat aneka hidangan laut seperti lobster, cumi, udang beby octupus dll. Jangan lupa untuk memeasan saus andalan di tempat ini yaitu saus nanas yang terkenal maknyuss. Jajanan kuliner ini berada di Jl. Brigjend Katamso No.33, Bandung.

6. Sate Jando Ibu Ayu

Kuliner kaki lima yang satu ini lokasinya benar-benar di pusat kota, tepatnya di belakang Gedung Sate. Meski sangat sederhana di pinggir jalan, tapi Sate Jando Ibu Ayu selalu ramai dikunjungi pelanggan. Sate di sini unik karena bukan hanya daging saja, tapi juga tetelan lemak dan bagian susu sapi betina. Tekstur empuk kenyal jadi keunikan yang bikin pengunjungnya ketagihan makan di sini. Alamat: Jl. Hayam Wuruk (Belakang Gedung Sate), Gedung Sate, Bandung.

7. Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu

Kuliner kaki lima dengan menu ayam goreng, nasi, dan sambal jadi pilihan pas kulineran di malam hari. Nah, di Bandung ada nih pilihan Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu yang sudah tersohor enaknya. Ayam gorengnya tipikal yang berbumbu kecap sebelum dimasak, sehingga bercita-rasa manis gurih. Warna hitam dari bumbu kecapnya juga membuat ayam ini sering disebut ayam goreng hitam. Alamat: Vintage Meubel Accessories, Jl. Pecinan Lama No. 36 Gang Suniaraja, Otto Iskandardinata, Bandung.

8. Ayam Goreng SPG

Menjual menu ayam goreng serundeng jadi andalan Warung Nasi SPG yang sangat diminati masyarakat. Apalagi ditambah dengan sambal cabai hijau yang semakin nikmat berpadu dengan bumbu serundeng dan nasi panasnya. Meskipun hanya berbentuk warung makan sederhana yang kecil, tapi saat jam makan siang pengunjungnya bisa sampai mengantri panjang. Alamat: Jl. Balonggede No. 55, Balonggede, Bandung.

9. Nasi Kuning Pungkur 216

Pedagang nasi kuning juga kerap ditemukan berjualan secara kaki lima. Salah satu pedagang nasi kuning kaki lima di Bandung yang terkenal enak adalah Nasi Kuning Pungkur 216. Nasi kuningnya sendiri sudah beraroma ditambah lauk tempe orek, telur balado, semur jengkol, dan siraman sambal pedas manis yang nagih. Mereka sendiri punya jam operasional di sore sampai malam hari. Alamat: Jl. Pungkur No.216, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung.

10. Mie Kocok Persib

Sudah berdiri sejak tahun 1963, warung Mie Kocok Persib ini masih cukup sederhana di area Stadion Sidolig, tempat latihan klub Persib Bandung. Dalam satu mangkuknya kamu bisa menikmati mie gepeng, toge, kikil, serta potongan tulang iga dan kaki sapi yang cukup besar. Apalagi disiram kuah kaldu gurih, kenyalnya kikil, dan lembutnya daging iga yang bikin semua orang ketagihan. Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.262, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

11. Lomie & Bakmie Jl. Lombok

Di Bandung, kamu bisa menikmati lomie dengan konsep streetfood yang sederhana namun sangat enak. Namanya Lomie Jalan Lombok yang memang gak akan mengecewakan kamu jika makan di sini. Menu andalannya tentu saja lomie yaitu sajian mie gepeng dengan kuah ebi yang kental dan manis. Pelengkapnya ada ayam suwir, ceker, bawang daun, seledri, bawang goreng dan kerupuk kulit sapi. Alamat: Jl. Lombok (Dekat Perempatan Lombok Aceh), Riau, Bandung.

12. Mie Ayam Baso Cipaganti

Salah satu mie ayam favorit di Bandung lokasinya ada di daerah Pasteur, namanya Mie Ayam Baso Cipaganti. Lokasi tepatnya ada di depan Masjid Besar Cipaganti dan sudah beroperasi dari jam 6 pagi. Meskipun berjualan secara sederhana di gerobak, tapi ini sangat favorit dengan pilihan menu mie ayam biasa dan plus bakso. Alamat: Jl. Cipaganti No.85, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini