get app
inews
Aa Read Next : Warga Bandung Harap Harga Beras Kembali Normal

Kompak! Warga Bandung Hormat Serentak Saat Upacara HUT ke-77 RI di Jalan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:53 WIB
header img
Prosesi ‘3 Menit untuk Indonesia’ dilakukan warga Bandung di Simpang Lima Asia Afrika, Kota Bandung. (Foto: tangkapan layar Instagram)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Ribuan warga Bandung tampak kompak saat mengikuti upacara HUT ke-77 RI di beberapa titik di Kota Bandung, Rabu (17/8/2022).

Pada momen tersebut, warga Bandung melakukan hormat serentak saat pengibaran Bendera Merah Putih.

Prosesi ‘3 Menit untuk Indonesia’ ini digelar saat detik-detik proklamasi pada pukul 10.17 WIB. Puluhan kendaraan berhenti di titik utama, seperti Simpang Lima, Jalan Asia Afrika Kota Bandung.

Ribuan kendaraan yang tumpah ruah dari Jalan Karapitan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto menuju Asia Afrika, Jalan Sunda maupun sebaliknya berhenti sejenak di depan lampu merah.

Para pengendara mengheningkan cipta untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satu warga Kota Bandung, Junaidi juga ikut menghentikan sejenak aktivitasnya untuk mengikuti kegiatan ini. Lagu Indonesia Raya diputar dan disiarkan menggunakan pengeras suara.

Junaidi menyambut positif kegiatan ini. Menurutnya, meraih kemerdekaan tidaklah mudah. Sebagai warga negara yang sudah merdeka, bentuk apresiasi terhadap hari besar ini perlu dilakukan sebagai pengingat terhadap pengorbanan para pahlawan bangsa.

“Ya kegiatan ini positif, sembari mengingatkan kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan tidak mudah,” kata Junaidi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Dadang Darmawan mengatakan, prosesi ‘3 Menit untuk Indonesia’ merupakan edisi ketiga, sejak pertama kali digelar pada 2020. Tahun ini, warga antusias mengikuti kegiatan sehingga lebih meriah dibanding tahun-tahun lalu.

“Alhamdulillah, kita lihat sendiri acaranya berjalan khidmat dan lancar,” kata Kadishub Kota Bandung.

Darmawan menyatakan, kegiatan ini menjadi pemaknaan terhadap arti kemerdekaan dan juga mengenang jasa para pejuang kemerdekaan.

“Tadi pak Wali Kota (Yana Mulyana) menyampaikan, dulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata. Kini, kita maknai kemerdekaan untuk lepas dari pandemi, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat lagi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Lalu lintas Dishub Kota Bandung, Khairur Rijal. Tujuan utama dari kegiatan ini kita menggugah kembali rasa nasionalisme bangsa Indonesia.

Dia juga menyebut, prosesi ‘3 Menit untuk Indonesia’ sebagai persembahan kecil dari Kota Bandung untuk Indonesia dalam menumbuhkan rasa nasionalisme pasca pandemi Covid-19.

“Sudah dua tahun kemarin kita dihantam pandemi Covid, sekarang sudah mulai menggeliat. Ini persembahan kecil dari kita, dari Kota Bandung untuk Indonesia,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut