get app
inews
Aa Read Next : Sekda Jabar Sebut Masalah Stunting hingga Kemiskinan Bisa Diatasi Lewat Prinsip Sabilulungan 

Bedi Budiman Kupas Filosofi Lagu Sabilulungan dan Manuk Dadali

Kamis, 25 Agustus 2022 | 21:10 WIB
header img
Ketua Komisi 1 DPRD Jabar Bedi Budiman saat menggelar reses di sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis, ia mencoba mengingatkan kembali nilai-nilai patriotisme salah satunya dengan menyanyikan lagu Manuk Dadali. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Hampir semua masyarakat Sunda hafal dengan lagu Manuk Dadali. Di balik lirik lagunya, ada semangat nasionalisme dan kebanggaan atas lambang negara.

Manuk Dadali diartikan sebagai Burung Garuda. Lirik lagunya menceritakan tentang bagaimana gagah perkasanya burung ini. Burung yang pemberani dan disegani oleh yang lain. 

Menurut, Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Bedi Budiman mengatakan Manuk Dadali juga digambarkan yang senang bersatu dan rukun juga tidak saling iri, hidup berdampingan penuh kasih sayang.

"Dengan memahami makna lagu Manuk Dadali dari Jawa Barat tadi, masyarakat Indonesia diharapkan dapat menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme sebagaimana penggambaran sosok manuk dadali atau burung garuda," kata, Kamis (25/8/2022).

Bedi bertutur saat menggelar reses di sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis, ia mencoba mengingatkan kembali nilai-nilai patriotisme salah satunya dengan menyanyikan lagu Manuk Dadali. 

"Alhamdulillah masih banyak peserta yang ingat tapi ada juga yang agak lupa. Jadi akhirnya kita menyanyi bersama untuk membangkitkan semangat kebangsaan melalui lagu daerah Sunda yang memiliki nafas nasionalisme seperti Manuk Dadali ini," ungkapnya. 

Selain Manuk Dadali, Bedi juga mengajak peserta reses untuk melantunkan kawih degung bertema perjuangan, Sabilulungan

Kawih ciptaan Mang Koko ini memiliki pesan penting kepada masyarakat Sunda khususnya untuk menjaga persatuan dan kesatuan sebagai landasan kekuatan atau ketahanan. 

"Kawih Sabilulungan menekankan agar “urang Sunda” memupuk rasa persaudaraan, gotong-royong, keselarasan, welas asih antar sesama.Sabilulungan juga mengingatkan agar sesama “urang Sunda” jangan berselisih, tidak mementingkan diri sendiri, dan peduli kepada yang lain," tandasnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut