get app
inews
Aa Read Next : Miliki Bokong Besar Diprediksi Bakal Jadi Tren Bagi Pria di 2024

Pria Wajib Tahu, Inilah 5 Gejala Pertanda HIV

Kamis, 01 September 2022 | 16:43 WIB
header img
Inilah gejala HIV/AIDS pada pria. (FOto: ilustrasi/net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Penyakit HIV menjadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena dapat tingkatkan risiko alami AIDS dan sejumlah penyakit lain.

Penyebab HIV pada pria terjadi karena hubungan seksual, alat tato, transplantasi organ, transfusi darah, penggunaan alat suntik bergantian, dan tertular oleh ibu sejak dalam kandungan. 

Dilansir dari simdos.unud.ac.id, berdasarkan laporan Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014, penularan HIV paling banyak terjadi pada kelompok usia produktif 25 – 49 tahun, lebih banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan.

Dengan memahami gejalanya, kaum Adam bisa lebih waspada untuk melakukan pencegahan. Biasanya penyakit HIV ini ditandai dengan gejala umum seperti demam, flu, gejala kulit (bercak merah, urtikaria), dan gejala saraf (sakit kepala).

Namun ada gejala yang timbul pada laki laki saja. Berikut ini adalah lima gejala HIV pada pria dilansir dari berbagai sumber:

1. Menurunnya Hasrat Seksual

Melansir dari webmd.com, dorongan seks yang rendah merupakan tanda hipogonadisme, yang berarti testis Anda tidak menghasilkan cukup hormon testosteron. Hormon ini berkaitan dengan libido pada pria yang memicu hasrat seksualnya.

2. Disfungsi Ereksi

Pada bahasa awam ini merupakan lemah syahwat, sehingga kaum pria tidak dapat mencapai atau mempertahankan ereksi yang cukup untuk berhubungan seksual. Terpicunya gairah seksual pria hingga terjadinya ereksi merupakan proses yang tidak sederhana. Proses tersebut melibatkan otak, saraf, otot, pembuluh darah, hormon, dan emosi. Terdapatnya virus HIV pada pria membuat proses tersebut tidak berjalan dengan lancar.

3. Nyeri Ketika Buang Air Kecil

Dalam kebanyakan kasus, ini adalah gejala infeksi menular seksual seperti gonore atau klamidia. Ini mungkin menandakan pembengkakan prostat, kelenjar kecil di bawah kandung kemih. Kondisi ini disebut prostatitis. Terkadang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus HIV.

4. Kurangnya Pertumbuhan Rambut di Tubuh dan Wajah

Gejala ini juga dapat muncul karena berkurangnya hormon testosteron pada pria. Selain itu tanda ini biasanya dibarengi dengan massa otot berkurang, mudah lelah, pembesaran payudara pria, gangguan tidur, mudah depresi, dan penurunan rasa percaya diri.

5. Terdapat Luka pada Penis

Tanda umum HIV adalah luka terbuka yang menyakitkan di mulut atau kerongkongan. Luka ini juga dapat muncul di anus atau penis Anda. Luka tersebut sering datang kembali. Apabila terdapat gejala gejala ini sebaiknya anda cepat-cepat berkonsultasi ke Dokter. Sehingga dapat mendiagnosa dan mendapatkan perawatan. Meskipun obat dari penyakit HIV ini masih belum ditemukan setidaknya penderita dapat menghambat perkembangan virus ini.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut