get app
inews
Aa Read Next : Turun Lagi, Ini Daftar Harga BBM Pertamina Terbaru per 2 Januari 2024 di Jawa Barat

Tega Menaikkan Harga BBM, Demokrat Ciamis: Jokowi Mengikis Harapan Rakyat

Senin, 05 September 2022 | 20:32 WIB
header img
Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ciamis, Anjar Asmara. (Foto: Ist)

CIAMIS, INEWSBANDUNGRAYA - Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ciamis, Anjar Asmara turut mengomentari terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang resmi ditetapkan pemerintah pada Sabtu (3/9/2022).

Menurutnya, kebijakan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini telah mengikis harapan rakyat yang meminta agar harga BBM tidak dinaikan. Dia melihat mayoritas masyarakat ini tidak menginginkan kebijakan tersebut dilakukan. 

"Tapi sayang Pemerintah tetap menaikan harga BBM ini dengan dalih upaya penghematan Pemerintah," ucap Anjar kepada wartawan,, Senin (5/9/2022). 

Padahal, pihaknya bersama Partai Demokrat tidak melihat upaya pemerintah berhemat sebelum meminta rakyat untuk hidup lebih sulit dengan menaikkan harga BBM yang akan berimplikasi terhadap kenaikan harga lainnya, termasuk bahan pokok. 

"Tidak ada upaya penghematan yg dilakukan pemerintah," ujar Anjar. 

Saat ini, diketahui anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan proyek pencitraan itu sangat luar biasa. Kemudian, penilaiannya itu pun bisa dilihat dengan gaya hidup para pejabat pemerintah. 

"Dimana mereka sendiri pejabat pemerintah malah memperlihatkan gaya hidup yang jauh dari kesengsaraan rakyat," ungkapnya. 

Hal itu disebutkan Anjar justru tidak terlihat tanda-tanda upaya untuk mengencangkan ikat pinggang dari operasional pemerintah.

"Selain itu, ketika harga minyak dunia turun, harga BBM di Indonesia tidak turun. Lalu, uangnya sekarang kemana," katanya. 

Anjar menilai, kenaikan harga BBM membuat kehidupan rakyat yang sudah sulit menjadi semakin sulit. Pemerintah bukannya mengurangi beban rakyat, tetapi malah menambah beban rakyat.

"Kondisi rakyat belum pulih akibat pandemi, malah semakin diperberat oleh Pemerintah," imbuhnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi menaikan harga BBM jenis Pertalite, Pertamax, hingga Solat per Sabtu (3/9/2022).

Kenaikan tersebut diumumkan di Istana Merdeka oleh Jokowi bersama jajaran menterinya. 

"Saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM," ujar Jokowi.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut