get app
inews
Aa
Read Next : Antisipasi Erupsi, PVMBG Minta Masyarakat Tak Berada di Kawasan Kawah Gunung Tangkuban Parahu

Warga Bandung Barat Catat, Ini Jadwal Penyaluran BLT BBM Rp600.000

Jum'at, 09 September 2022 | 14:53 WIB
header img
Ilustrasi penyaluran BLT BBM. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat (KBB), sebanyak 171.360 warga akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kepala Dinas Sosial KBB, Sri Dustirawati mengatakan, sasaran pemberian BLT BBM ini merupakan warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang datanya sudah terinput di data Kementerian Sosial.

Untuk jadwal penyaluran BLT BBM tahap pertama, kata Sria, rencananya akan disalurkan mulai Minggu (11/9/2022).

"Dari data yang tercatat ada sebanyak 171.360 orang yang akan menerima bantuan itu. Rinciannya 38.832 untuk tahap pertama dan 132.528 untuk tahap kedua," kata Sri, Jumat (9/9/2022).

Sri mengatakan, BLT BBM yang akan disalurkan ke warga sasaran adalah sebesar Rp600.000 per penerima. Rencananya, bantuan tersebut bakal diberikan sebanyak empat kali dengan masing-masing pemberian sebesar Rp150.000 untuk September hingga Desember 2022 mendatang.

"Jika tidak ada perubahan waktu Minggu sudah dibagikan, tapi kalau bergeser paling lambat pekan depan sudah turun," ucapnya.

Sri menyebut, terkait mekanisme penyaluran akan dibagi ke dalam dua tahap. Sehingga KPM bakal menerima BLT BBM sebesar Rp300.000 pada September dan Rp300.000 pada Desember 2022.

Pendistribusiannnya oleh Kemensos melalui PT Pos, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan camat, dan kepala desa. Pada saat penyaluran bantuan, nantinya pihak PT Pos akan berkoordinasi dengan pendamping PKH dan pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

"Jika ada penerima yang disabilitas atau misalnya lansia, pihak PT Pos siap mengantar sampai ke rumah mereka dan akan didampingi dari Dinsos," terangnya.

Sri menambahkan, selain adanya BLT BBM untuk PKH, nantinya juga bakal ada bantuan lain dengan sasaran pelaku UMKM, tukang ojek, dan lainnya. Namun, terkait bantuan ini masih tahap sosialisasi.

"Nanti juga bakal ada bantuan lainnya, tapi baru disosialisasikan karena bantuannya berbeda" tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut