Di Sumedang, Dana BLT BBM Dipotong Rp30.000 untuk Kegiatan Gerak Jalan?

Rizal Fadillah
.
Jum'at, 16 September 2022 | 19:07 WIB
Penyaluran BLT BBM. (Foto: Ilutsrasi/net)

SUMEDANG, INEWSBANDUNGRAYA - Penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) telah disalurkan kepada masyarakat.

Untuk di wilayah Jawa Barat, jumlah sasaran penerima BLT BBM mencapai 3,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Besaran bantuan BLT BBM setiap KPM akan menerima Rp150.000 setiap bulannya selama empat bulan, terhitung bulan September hingga Desember 2022.

Namun, di wilayah Kelurahan Talun, Kabupaten Sumedang, adanya laporan tentang dugaan pemotongan dana BLT BBM yang dilakukan oleh oknum.

Penerima BLT BBM terindikasi dimintai uang Rp30.000 untuk ditukarkan dengan kupon gerak jalan.

Penukaran kupon tersebut untuk kegiatan gerak jalan dalam rangka ulang tahun kelurahan. Kupon yang diterima sebanyak 5 lembar dengan harga Rp30.000 per kupon.

"Baru kali ini ada kegiatan itu. Katanya sih untuk kegiatan gerak jalan," kata Dadang, salah seorang keluarga penerima BLT BBM, Jumat (16/9/2022).


Penerima BLT BBM menunjukkan kupon untuk gerak jalan dalam rangka ulang tahun Kelurahan Talun, Sumedang. (Foto: iNews.id/Beben HVA)
 
Saat dikonfirmasi, pihak Kelurahan Talun membenarkan adanya penjulan kupon gerak jalan, dalam rangka ulang tahun kelurahan. Namun, tidak ada pemaksaan bagi warga yang ingin membeli kupon.
 
"Itu bukan pemotongan dan tidak ada pemotongan. Kebetulan ada acara milangkala Kelurahan Talun dan kami meminta agar semua masyarakat ikut berpartisipasi. Hal itu juga tidak ada paksaan," ujar Lurah Talun, Rinny Mulyati.
 
Di Kelurahan Talun sendiri ada sebanyak 592 keluarga penerima manfaat BLT BBM dan BLT sembako. Penyaluran dilakukan pada Selasa (13/9/2022) di kantor Kelurahan Talun.
 
Sedangkan acara gerak jalan dalam rangka ulang tahun kelurahan akan digelar pada Minggu (18/9/2022).
Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini