get app
inews
Aa
Read Next : Sejak H-5 Lebaran, Kemenhub Catat Peningkatan Penumpang Angkutan Umum

Tarif Baru Angkot di KBB Tak Kunjung Ditetapkan, Ini Alasannya

Jum'at, 16 September 2022 | 19:53 WIB
header img
Tarif angkot di KBB belum alami kenaikan. (Foto: ilustrasi/net)

BANDUNG BARAT, INEWSBANDUNGRAYA - Hingga saat ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) masih belum menetapkan tarif baru angkutan umum atau angkutan kota (Angkot) imbas kenaikan BBM.

Kepala Dinas Perhubungan KBB, Lukmanul Hakim menjelaskan, tak kunjung ditetapkannya tarif baru tersebut bukan tanpa alasan.

Menurutnya, hal itu disebabkan karena belum turunnya Surat Keputusan (SK) Bupati Bandung Barat lantaran Bupati KBB masih berstatus Plt.

"Naiknya tarif angkot masih terganjal belum turunnya SK, sebab di KBB masih dijabat Plt Bupati. Jadi perlu ada rekomendasi dari Kemendagri," ucap Lukmanul Hakim, Jumat (16/9/2022).

Lukmanul mengatakan, terkait usulan kenaikan tarif angkot tersebut sudah diajukan ke Plt Bupati dan ditembuskan ke Sekda dan Bagian Hukum untuk dibuatkan SK bupati.

Hanya untuk keluar SK bupati, lanjut Lukmanul, mesti ada evaluasi dan rekomendasi dari Kemendagri. Hal tersebut yang sedang ditindaklanjuti oleh Bagian Hukum Pemda KBB.

Nantinya, yang akan memproses mereka termasuk berkoordinasi dengan Biro Hukum Kemendagri. Dishub hanya menyampaikan usulan soal kenaikan tarif angkutannya.

"Beda kalau bupatinya udah definitif, SK bisa langsung turun tanpa diajukan ke Kemendagri, jadi lebih cepat," jelasnya. 

Menurutnya, usulan kenaikan tarif angkot 30 persen tersebut telah disepakati oleh Organda dan Dishub KBB setelah harga BBM bersubsidi mengalami kenaikan.

Pertimbangannya karena hal itu memberatkan pengusaha angkutan dan sopir angkot, mengingat harga suku cadang kendaraan pasti naik.

Pihaknya juga sudah menyampaikan ke pihak Organda maupun para pengusaha angkutan di KBB terkait kendala yang dihadapi. Hingga kini mereka memahami dan tidak ada desakan untuk segera menerapkan kenaikan tarif.

"Di lapangan mungkin sudah ada yang melakukan penyesuaian tarif sambil menunggu SK turun. Itu tidak bisa dihindari karena pengeluaran sopir jadi membengkak setelah harga BBM naik," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut