5 Tempat Wisata Alam Paling Hits dan Wajib Dikunjungi di Bandung

Rizal Fadillah
.
Jum'at, 23 September 2022 | 10:06 WIB
Sunrise Point Cukul. (Foto: net)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Menikmati kesejukan udara Kota Bandung bisa jadi pilihan liburan di weekend kali ini. 

Di Kota Bandung, terdapat banyak tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan indah serta kesejukan dan kesegeran udara khas Kota Kembang ini.

Nah, berikut ini kami rekomedasikan 5 tempat wisata alam paling hits dan wajib untuk Anda kunjungi saat liburan di Bandung.

Apa saja nama tempatnya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Sanghyang Heuleut

Berlokasi di kawasan Cipatat, sebelah barat Bandung, Sanghyang Heulang merupakan sebuah laguna kecil yang dikelilingi oleh tebing-tebing putih, hutan yang rimbun dan juga air terjun yang menjadi sumber airnya dengan tebing-tebing batu di sekelilingnya.

Di sela-sela bebatuan tersebut, kamu bisa menjumpai semak-semak maupun pepohonan yang tumbuh rimbun, membuat suasana kawasan tersebut semakin asri dan menyejukkan mata. 

Pengunjung kerap memanfaatkan batu-batu tersebut untuk sekadar berfoto ataupun sebagai tempat meloncat menuju perairan di bawahnya. Kedalaman danau ini mencapai tiga meter.

Biaya masuk Sanghyang Heuleut hanya Rp15.000, sementara biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Jangan khawatir kelaparan, karena di lokasi ada beberapa warung sederhana yang menjual kelapa muda, mi instan, kopi, dan sebagainya.

2. Situ Cileunca

Situ Sileunca merupakan danau buatan yang luas kawasannya mencapai 1.400 hektar. Tempat ini berlokasi di Jalan Situ Cileunca, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tempat yang satu ini benar-benar eksotis dan keren banget. Selain danau yang cukup luas dan menakjubkan, kamu juga bisa menyusuri jembatan cinta yang ada di sana.

Selain itu, wisatawan dapat mendirikan tenda di kawasan sekitar danau. Wisatawan dapat membawa sendiri peralatan berkemah termasuk tenda dan perlengkapannya. 

Adapun biaya masuk Situ Cileunca Rp5.000, sementara biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp10.000.

3. Sunrise Point Cukul

Sunrise Point Cukul adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Kecamatan Pangalengan, Bandung. Di tempat ini kamu bisa menikmati sunrise yang begitu indah dan menakjubkan.

Alam yang asri menambah kesyahduan saat kamu berada di tempat wisata ini. Tempat ini menjadi lokasi yang sangat cocok buat kamu yang hobi fotografi, karena banyak spot foto menarik yang bisa kamu explore.

Kita juga bisa sekalian berjala-jalan di kebun tersebut. Untuk biaya tiket masuknya sebesar Rp10.000, sementara tarif parkir sepeda motor Rp5.000 dan untuk mobil Rp10.000.

4. Glamping Lakeside

Glamping Lakeside adalah tempat wisata yang bernuansa alam. Di sekitar area ini banyak dikelilingi oleh pemandangan perkebunan teh hijau yang sangat indahnya.

Glamping Lakeside sangat cocok dijadikan tempat untuk mengisi waktu liburan Anda bersama sahabat, pasangan atau pun keluarga. Lokasi Glamping Lakeside ini berada di Jalan Ciwidey, Situ Patenggang KM 39, Patenggang, Rancabali, Bandung.

Tiket masuk Glamping Lakeside sekitar Rp20.000. Sementara untuk parkir motor Rp5.000, mobil Rp15.000, dan bus Rp25.000.

5. Bukit Jamur

Bukit jamur ini berlokasi di Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung. Bukit Jamur sebenarnya merupakan taman yang berdiri di atas lahan kurang lebih dua hektar dan memiliki pohon-pohon cemara berbentuk jamur yang berjejer.

Untuk mengunjungi tempat ini jangan lupa kenakan pakaian tebal atau jaket. Sebab, Bukit Jamur berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha sehingga udara lebih terasa dingin.

Untuk mengunjungi tempat ini tidak harus membayar tiket masuk. Namun, kamu tetap harus membayar tiket parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Editor : Rizal Fadillah
Bagikan Artikel Ini