get app
inews
Aa Read Next : WExcited Fest 2024 Sukses Digelar, Berikan Semangat Pada Perempuan Kota Bandung

Liburan ke Bandung Tak Lengkap Tanpa Belanja Oleh-oleh di Rumah Batik Komar

Selasa, 04 Oktober 2022 | 18:33 WIB
header img
Kolase foto Rumah Batik Komar. (Foto: Instagram)

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA - Saat berlibur ke Kota Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak membeli batik sebagai oleh-oleh. Meski bukan kota penghasil batik, namun Kota Bandung memiliki banyak produsen lokal.

Seperti diketahui, di daerah Jawa Barat, daerah perajin paling populer tentu saja Cirebon yang memiliki sentra batik Trusmi. Selain itu, batik juga bisa ditemui di Garut dan Tasikmalaya.

Nah, di Kota Bandung sendiri terkenal dengan sentra batik khas Kota Kembang yang dapat ditemukan di kawasan Cigadung, salah satunya di Rumah Batik Komar.

Dilansir dari berbagai sumber, Rumah Batik Komar merupakan usaha keluarga Dr. Komarudin Kudiya, M.Ds bersama dengan istrinya, Hj. Nuryanti Widya (Yeyen) yang didirikan pada tahun 1998.

Pada awal kemunculannya, Batik Komar menawarkan berbagai motif batik tradisional khas Cirebon. Namun seiring berkembangnya zaman, inovasi desain batiknya pun terus diciptakan.

Kini, Rumah Batik Komar banyak menghadirkan kombinasi motif batik tradisional Jawa Barat dan kontemporer. Salah satu motif kombinasi yang banyak diminati yaitu 'Shibotik'.

Shibotik merupakan perpaduan antara motif khas Jepang (Shibori) dengan batik. Selain itu, ada motif batik kontemporer lainnya seperti gambar Jembatan Pasupati, Angklung dan Bunga Patrakomala (bunga khas Kota Bandung).

Setiap tahunnya, Rumah Batik Komar mampu menghasilkan sekitar 1.500-2.000 kain batik cap dan 150-200 kain batik tulis. Dari segi kualitas, tentu tak usah diragukan lagi.

Mulai dari pemilihan jenis kain sampai proses pewarnaannya dilakukan dengan sedetail mungkin. Tidak hanya diminati masyarakat Indonesia, produk Batik Komar ternyata sudah sampai ke mancanegara seperti Jepang, Amerika, Perancis, Malaysia dan beberapa negara Asia lainnya.

Bertempat di Jalan Cigadung Raya Timur 1 No.5, kawasan Rumah Batik Komar kental sekali dengan unsur tradisionalnya.

Dari area depan, pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dinding rumah yang dihiasi motif batik khas Cirebon yaitu Megamendung. Sedangkan di area dalamnya lebih banyak dihiasi oleh ornamen kayu tradisional.

Jika ingin langsung membeli produk batik, pengunjung dapat memasuki area Showroom yang terletak di sebelah kanan dari arah pintu masuk Rumah Batik Komar. Beragam produk batik mulai dari kain, atasan, scarf dan pouch bisa ditemukan di Showroom ini.

Selain Showroom, ada juga area Workshop yang bisa dikunjungi. Pengunjung dapat melihat proses pembuatan Batik Komar di area tersebut.

Tidak hanya sekedar melihat, namun ada program pelatihan batik 'Edu Wisata' yang bisa diikuti. Edu Wisata merupakan program workshop Rumah Batik Komar dimana pengunjung bisa terlibat untuk membuat batik.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut